Batumbu Lakukan Kolaborasi Strategis Guna Mewujudkan Inklusi Keuangan

Batumbu Lakukan Kolaborasi Strategis Guna Mewujudkan Inklusi Keuangan Kredit Foto: Ist

Sebagai upaya untuk meningkatkan peran aktif Batumbu dalam mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia, Batumbu sebagai P2P Lending platform yang terdaftar dan diawasi OJK pada hari ini menjalin sebuah kolaborasi strategis dengan beberapa penyedia platform yaitu LUNA, GrosirOne dan Siabos.

Kolaborasi ini selaras dengan komitmen Batumbu untuk terus berinovasi dan berkolaborasi sehingga memberikan dampak positif bagi ekosistem Wira UMKM Batumbu. Komitmen tersebut terangkum dalam Tumbuseries. yang digagas untuk memberikan manfaat bagi Wira UMKM terdiri dari Tumbupedia, TumbuSama, TumbuTalk, dan TumbuBijak.

CEO Batumbu, Jenny Wiriyanto mengatakan bahwa kolaborasi strategis ini berawal dari realita bahwa pada umumnya para Wira UMKM hanya berfokus pada peningkatan penjualan dan menomorduakan disiplin pencatatan transaksi bisnis yang lebih tertata dengan baik. Dampak dari pencatatan bisnis yang tidak lengkap ini bisa mengakibatkan Wira UMKM sulit untuk mendapatkan pembiayaan yang disebabkan karena tidak adanya akses informasi yang mencerminkan perilaku, karakter dan pencatatan transaksi keuangan yang baik.

Baca Juga: Kabar Gembira, Pemerintah Gratiskan Sertifikasi Halal bagi UMKM

“Atas dasar itulah Batumbu menjalin kolaborasi strategis dengan beberapa penyedia platform di Indonesia yang memiliki kesamaan tujuan, untuk memberikan kemudahan dan menjadikan Wira UMKM Indonesia memiliki keunggulan kompetitif serta mendukung digitalisasi keuangan bagi Wira UMKM,” ujarnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Ia mengungkapkan jika dalam kolaborasi antara Batumbu dengan LUNA menawarkan solusi untuk mengoptimalkan operasional dan pelayanan dengan POS (Point Of Sale), system order dan pembayaran yang sudah terdigitalisasi dan telah di simplifikasi dengan berbasis teknologi.

Kolaborasi ini makin lengkap karena didukung juga oleh GrosirOne yang memiliki visi untuk membuat efisiensi di bidang rantai pasok dengan teknologi dan layanan keuangan. Dalam prosesnya, GrosirOne mendigitalisasi supply chain untuk memastikan proses yang lebih lancar, aman, dan efisien untuk semua pihak. Satu lagi yang tidak kalah penting adalah kehadiran SiaBos dalam kolaborasi strategis ini, yang menjadi penyedia aplikasi pintar dalam mendigitalisasi pasar tradisional Indonesia untuk meningkatkan penjualan WiraUMKM dalam satu platform digital.

Baca Juga: Wajah UMKM di Tengah Pandemi: 43% Alami Keterbatasan Modal

Ia berharap, melalui kolaborasi strategis yang dijalin dengan LUNA, GrosirOne, dan SiaBos, dapat menciptakan competitive advantage bagi Wira UMKM Indonesia. Dimulai dengan memberikan edukasi kepada para Wira UMKM agar terbiasa untuk disiplin dalam pencatatan bisnis dan pengolahan data menjadi informasi strategis.

PIhaknya, lanjut Jenny, ingin membawa mereka (Wira UMKM) ke dalam suatu kondisi yang tanpa mereka sadari bahwa mereka layak untuk mendapatkan pembiayaan karena pencatatan transaksi yang rapih mencerminkan perilaku dari bisnis itu sendiri.

“Kami di Batumbu berkomitmen tidak sekedar menyalurkan pinjaman, namun juga berkepentingan untuk membawa para Wira UMKM memiiliki kemampuan bekerja secara lebih efisien dan efektif, sehingga tercipta kemampuan untuk bersaing di kemudian hari. Besar harapan kami para Wira UMKM Batumbu dapat memanfaatkan aplikasi yang yang telah kami sediakan sehingga dapat tumbuh dengan cepat dan baik,” tutupnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini