Kejayaan Samsung Masuk Generasi Ketiga, Inilah Putra Mahkota yang Jadi Pewarisnya

Kejayaan Samsung Masuk Generasi Ketiga, Inilah Putra Mahkota yang Jadi Pewarisnya Kredit Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji

Lee Byung-chul adalah pendiri Samsung Group generasi pertama yang membangun perusahaan elektronik ini menjadi grup bisnis terbesar di Korea Selatan. Byung-chul pertama kali mendirikan bisnis angkutan truk di Daegu pada 1 Maret 1938, yang dia beri nama Samsung Trading Co. Perushaan itu adalah cikal bakal Samsung Group yang hari ini kita kenal.

Setelah kematian Lee Byung-chul pada 19 November 1987 di usia 77 tahun, perusahaan pun diambil alih oleh anak ketiganya, Lee Kun-hee pada tanggal 1 Desember 1987. Pria lulusan Waseda Univeristy seperti ayahnya ini pun kemudian membawa Samsung ke ranah modern.

Baca Juga: Ini Daftar Warisan Bos Samsung Beserta Pajak yang Ditinggalkan

Lee Kun-hee dikenal membawa karyawan asing ke Korea Selatan dan mengirim karyawan lokal keluar negeri karena ingin bersikap lebih internasional dalam berbisnis.

Di bawah kepemimpinan Lee, Samsung semakin berjaya hingga menjadi perusahaan elektronik terbesar di Asia, Samsung Electronics Co Ltd. Bahkan ponsel Samsung yang dulunya dianggap murahan, telah menjadi produsen ponsel terbesar di dunia dan berhasil sejajar dengan Apple Inc, dari Amerika Serikat.

Sayangnya, banyak skandal dari Samsung Group sendiri. Lee Kun-hee pernah dituding menghancurkan bukti, dan menyuap pejabat pemerintah untuk memastikan kelancaran pemindahan kekuasaan kepada putranya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini