Sanksi di Depan Mata, Erdogan Teror Balik AS atas Ancamannya

Sanksi di Depan Mata, Erdogan Teror Balik AS atas Ancamannya Foto: Reuters/Presidential Press Office

Presiden Recep Tayyip Erdogan membalas komentar soal kemungkinan Amerika Serikat (AS) akan menjatuhkan sanksi terhadap Turki atas keterlibatan dalam bentrokan Nagorno-Karabakh dan pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. Pasalnya, Turki mengatakan bahwa mereka menyatakan dukungan pada Azerbaijan untuk melawan separatis Armenia. 

"Beberapa orang Amerika memanggil saudara saya Ilham (Aliyev) dan mengatakan kepadanya bahwa jika Turki mendukung Azerbaijan, mereka akan menjatuhkan sanksi kepada Turki," kata Erdogan pada Minggu (25/10/2020).

Baca Juga: Sedih, Erdogan Nilai Nasib Muslim Eropa Kini Mirip Yahudi Sebelum PD II

"AS tidak tahu dengan siapa mereka berurusan. Terapkan sanksi, apa pun itu," katanya dalam kongres lokal Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) yang berkuasa di Provinsi Malatya, Turki timur.

"AS ingin kami mengirim kembali sistem rudal S-400 Rusia. Kami bukan masyarakat suku ... kami adalah negara (berdaulat) Turki," kata Erdogan lebih lanjut.

Hubungan antara sekutu NATO Turki dan AS sangat tegang tahun lalu karena akuisisi sistem pertahanan udara canggih S-400 Rusia oleh Ankara, yang mendorong Washington untuk mengeluarkan Turki dari program jet F-35 Lightning II.

AS berpendapat bahwa sistem tersebut dapat digunakan oleh Rusia untuk secara diam-diam mendapatkan rincian rahasia pada jet Lockheed Martin F-35 dan tidak kompatibel dengan sistem NATO.

Bagaimana pun, Turki bersikeras bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO dan tidak akan menimbulkan ancaman bagi aliansi tersebut.

Turki dan Azerbaijan mempertahankan hubungan diplomatik yang kuat, berdasarkan prinsip "satu bangsa, dua negara".

Banyak pejabat Turki termasuk Erdogan telah bersumpah solidaritas penuh dengan Azerbaijan ketika Yerevan melanjutkan pendudukan ilegal atas tanah Azerbaijan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini