Airport Tax Dihapus, Penumpang Pesawat di Bandara Angkasa Pura I Naik 29%

Airport Tax Dihapus, Penumpang Pesawat di Bandara Angkasa Pura I Naik 29% Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

PT Angkasa Pura I (Persero) memprediksi adanya lonjakan penumpang dan pergerakan pesawat pada libur panjang akhir bulan Oktober. Arus mudik diperkirakan akan terjadi pada Rabu (27/10/2020) hingga Kamis (28/10/2020). Sementara, arus balik diprediksi akan terjadi pada 1 November 2020.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji mengatakan, peningkatan trafik penumpang ini disebabkan oleh adanya kebijakan penghapusan Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga: Intip Jurus Jitu 19 Bandara Angkasa Pura II Bertahan di Masa Pandemi

"Dengan adanya penambahan trafik, teman-teman juga sudah stand-by di lapangan dan kita koordinasi," kata Devy dalam konferensi pers, Senin (26/10/2020).

Adapun di seluruh bandara kelolaan Angkasa Pura I, jumlah penumpangnya meroket hingga 29% menjelang libur panjang.

Sementara itu, General Manager Yogyakarta International Airport (YIA) Agus Pandu Purnama mengatakan, dari kurun waktu 1 hingga 20 Oktober, jumlah penumpang di bandara YIA tercatat mencapai 67.063 orang.

Agus memprediksi adanya peningkatan trafik hingga 20% karena libur panjang di akhir bulan Oktober dan 44% di akhir tahun.

"Contoh, kami biasanya 38 pergerakan sekarang bisa jadi 52 pergerakan pesawat dan didominasi 20 flight ke Cengkareng, lalu ke Balikpapan 8 flight," kata Agus.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini