Semangat Bela Negara Bisa Jadi Modal Atasi Krisis Akibat Pandemi

Semangat Bela Negara Bisa Jadi Modal Atasi Krisis Akibat Pandemi Kredit Foto: MPR

Disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi merupakan bagian dari semangat bela negara karena mencegah sebaran virus corona yang mematikan itu, sama dengan menjaga lingkungan dan dalam skala luas berarti juga menjaga negara kita.

"Semangat bela negara ini merupakan salah satu faktor yang bisa diakselerasi untuk menghadapi resesi ekonomi akibat pandemi," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat berbicara secara virtual pada acara Temu Tokoh bertema Menghidupkan Kembali Semangat Gotong Royong Dalam Pandemi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (26/10/2020).

Acara Temu Tokoh yang diselenggarakan pada Minggu (25/10) dan Senin (26/10) itu menghadirkan Rian Firmansyah (Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat II) dan Agus Yasmin (Ketua Yayasan Mathla’ul Anwar).

Baca Juga: Bamsoet Ajak Generasi Muda Jadi Ujung Tombak Pembangunan Nasional

Menurut Lestari, disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak merupakan upaya menjaga diri dan keluarga dari serangan virus corona.

"Dalam skala lebih luas lagi, menjaga keluarga bisa berarti juga menjaga lingkungan dan negara sehingga langkah itu bisa dimaknai bagian dari bela negara," tegas Rerie, sapaan akrab Lestari.

Upaya lain yang bisa ditingkatkan untuk menghadapi krisis, menurut Rerie, adalah institusi pemerintah bekerja secara terstruktur dan sistematis untuk menciptakan konsolidasi yang kokoh.

Dan yang tidak kalah penting, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, koordinasi pemerintah pusat dan daerah, serta koordinasi antarpemerintah daerah.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini