Bea Cukai Aktif Gali Potensi Ekspor di Wilayah Timur Indonesia

Bea Cukai Aktif Gali Potensi Ekspor di Wilayah Timur Indonesia Foto: Bea Cukai

Bea Cukai secara aktif berupaya mendorong perekonomian dalam negeri melalui pencarian potensi ekspor di berbagai wilayah di Indonesia serta pemberian stimulus berupa fasilitas kepabeanan.

Selain melalui kedua upaya tersebut, Bea Cukai juga aktif membagikan informasi dan pengetahuan di bidang ekspor impor guna meningkatkan pemahaman para pelaku usaha.

Pada Kamis (22/10/2020), Bea Cukai Kupang bekerja sama dengan Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga menggelar seminar, pameran, dan klinik ekspor yang bertujuan untuk memberikan informasi kepabeanan dan cukai serta mendorong industri kecil dan menengah agar dapat bersaing di pasar internasional.

Baca Juga: Lindungi Hak Kekayaan Intelektual, Bea Cukai Bongkar Upaya Peredaran Pisau Cukur Impor Palsu

Kepala Kantor Bea Cukai Kupang, I Ketut Suardinaya menyatakan bahwa acara tersebut diselenggarakan untuk mendorong para pelaku industri agar dapat meningkatkan ekspor.

"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat masyarakat Kupang, khususnya para pelaku IKM untuk berani memperluas pemasaran produknya hingga luar negeri."

Sementara di wilayah Maluku, Bea Cukai Ternate dan Bea Cukai Ambon juga mengadakan bimbingan teknis kegiatan ekspor impor untuk para pelaku usaha di Maluku. Pada Kamis (22/10/2020), Bea Cukai Ternate menghadiri acara yang diadakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Utara dengan tema Peluang dan Tantangan dalam Meningkatkan Ekspor Non Migas di Provinsi Maluku Utara.

Amran Husen, narasumber yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun, mengungkapkan bahwa tantangan yang kini dihadapi cukup beragam di wilayah Maluku Utara.

"Belum memadainya infrastruktur serta kurangnya konektivitas produsen di Maluku Utara dengan calon pembeli maupun investor yang berada di luar negeri. Perlu adanya terobosan agar peningkatan ekspor dapat terealisasi, peran aktif dalam mendukung kegiatan-kegiatan UMKM dan rumah produksi agar cita-cita untuk merealisasikan ekspor dari Maluku Utara dapat terwujud."

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini