Barang Bawaan Wajib saat Liburan di Tengah Pandemi Covid-19

Barang Bawaan Wajib saat Liburan di Tengah Pandemi Covid-19 Foto: Freepik

Bepergian ke tempat wisata merupakan aktivitas yang tidak direkomendasikan selama masa pandemi Covid-19. Namun, tak sedikit masyarakat yang akhirnya tetap memutuskan untuk berlibur meski menyadari adanya potensi paparan virus corona, baik selama perjalanan maupun selama berkegiatan di lokasi wisata.

Baca Juga: Staycation Bersama Keluarga Selama Libur Panjang, Why Not?

Baca Juga: Ragam Aktivitas Menyenangkan untuk Liburan Aman #DiRumahAja

Jika sudah demikian, masyarakat diminta untuk membekali diri dengan barang bawaan penunjang protokol kesehatan selama bepergian. Lantas, barang-barang apa sajakah yang wajib dibawa saat liburan di tengah pandemi? Simak ulasan berikut.

1. Masker Cadangan

Masker menjadi tameng utama bagi seseorang supaya terhindar dari paparan virus corona. Untuk memaksimalkan fungsi perlindungan dari masker itu sendiri, dianjurkan untuk mengganti masker setiap empat jam sekali. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memasukkan masker cadangan ke dalam daftar barang bawaan wajib selama berpergian.

Hal yang tidak kalah penting adalah memerhatikan ketentuan masker yang dianjurkan ahli kesehatan. Anda bisa menggunakan masker medis atau masker kain. Untuk masker kain, pastikan masker tersebut terdiri atas tiga lapis, ya. Jika sudah, simpan masker cadangan itu ditempat yang mudah terjangkau sehingga tidak merepotkan saat harus mengganti masker.

2. Penyanitasi Tangan

Penyanitasi tangan (hand sanitizer) adalah barang berikutnya yang wajib dibawa selama bepergian. Virus corona dapat menempel di permukaan benda yang mungkin saja tidak sengaja Anda sentuh sehingga virus tersebut berpindah ke tangan. Untuk itu, penyanitasi tangan sangat penting untuk dibawa sebagai alternatif lain jika tidak menemukan tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun. 

Guna mencegah masuknya virus ke dalam tubuh, semprotkan hand sanitizer secara berkala ke tangan Anda, terutama setelah menyentuh permukaan benda. Perlu diingat pula, jangan menyentuh area wajah apabila tidak yakin kalau tangan Anda bersih. Pastikan sebelum menyentuh area wajah, Anda telah mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

3. Air Mineral

Selama bepergian, Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain menghindari dehidrasi, minum air mineral juga baik untuk kesehatan. Jangan biarkan tenggorokan Anda kering sehingga memberi rasa tidak nyaman selama beraktivitas. Untuk itu, minumlah air secara berkala.

4. Peralatan Makan, Mandi, dan Ibadah Pribadi

Menekan potensi penyebaran virus Covid-19 dapat dilakukan dengan meminimalkan penggunaan satu barang secara bergantian, termasuk peralatan makan, mandi, dan ibadah. Dengan membawa peralatan pribadi, Anda akan lebih tenang karena bisa memastikan sendiri kebersihan dari alat-alat tersebut.

Meskipun Anda yakin bahwa peralatan tersebut sudah bersih, tidak ada salahnya untuk mencuci kembali sebelum Anda gunakan. Begitu pun jika Anda sudah selesai menggunakan alat tersebut, langsung cuci menggunakan sabun dan di air mengalir.

5. Cairan Disinfektan

Selain hand sanitizer, Anda juga sangat disarankan untuk membawa cairan disinfektan saat pergi liburan. Jika hand sanitizer berfungsi untuk membersihkan tangan, disinfektan Anda gunakan untuk membersihkan benda-benda yang kemungkinan besar terkontaminasi virus atau bakteri. Semprotkan secara berkala ke permukaan benda yang sering dipegang banyak orang, seperti gagang pintu, tombol lift, dsb.

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini