Tendang Saudi Aramco, IPO Perusahaan Jack Ma Siap Jadi yang Terbesar se-Dunia

Tendang Saudi Aramco, IPO Perusahaan Jack Ma Siap Jadi yang Terbesar se-Dunia Kredit Foto: Reuters/Kim Hong-Ji

Pendiri Alibaba Group Jack Ma mengatakan, rencana IPO ganda dari Ant Group akan menjadi yang terbesar di dunia. Hal tersebut berdasarkan harga yang ditentukan Jumat malam lalu.

"Ini pertama kalinya penetapan harga daftar besar dan terbesar dalam sejarah manusia, ditentukan di luar Kota New York. Kami tidak berani memikirkannya lima tahun lalu, atau bahkan tiga tahun lalu. Tapi keajaiban baru saja terjadi," ujarnya mengutip dari CNBC, Senin (26/11/2020).

Dia tidak memberikan detail pasti tentang harganya. Namun Jack Ma menyebut harga tersebut akan diumumkan secara resmi pada pekan depan.

Baca Juga: IPO di Depan Mata, Fintech Jack Ma Bakal Borong Rp512 T dari Tangan Investor

Baca Juga: 5 Unicorn Indonesia Berjemaah IPO di Tengah Pandemi, Yay or Nay?

Didukung oleh raksasa e-commerce China Alibaba, Ant berencana untuk mendaftar secara bersamaan di Hong Kong dan di Pasar STAR Shanghai dalam beberapa minggu mendatang.

Sumber mengatakan daftar itu bisa bernilai US$35 miliar atau setara Rp514 triliun (mengacu kurs Rp14.600 per USD). Angka ini melampaui rekor yang ditetapkan oleh float pada Saudi Aramco yang senilai US$29,4 miliar atau setara Rp431 triliun.

Ma mengatakan sistem keuangan dan peraturan menahan inovasi, menyerukan perombakan untuk memperluas layanan keuangan ke lebih banyak perusahaan kecil dan individu berdasarkan teknologi sebuah etos yang sebagian besar didasarkan pada Ant.

Dia mengatakan, sistem global yang didirikan setelah Perang Dunia II sudah ketinggalan zaman dan terlalu menghindari risiko, menyebut Komite Basel untuk Pengawasan Perbankan dan memperingatkan bahwa risiko terakumulasi di seluruh perekonomian.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini