Kisah Orang Terkaya: Wang Jianlin, Raja Properti yang Belok ke Industri Hiburan

Kisah Orang Terkaya: Wang Jianlin, Raja Properti yang Belok ke Industri Hiburan Kredit Foto: REUTERS/Thomas Peter

Salah satu orang terkaya di China, Wang Jianlin merupakan pendiri Dalian Wanda Group yang bisnisnya berfokus pada pengembang real estat terbesar di China, sekaligus raksasa operator bioskop. Pada tahun 2018, Wang juga memiliki 20% dari klub sepak bola Spanyol Atl├ętico Madrid.

Ayahnya merupakan perjuang dalam 'Tentara Pembebasan Rakyat' selama 'Long March' yang terkenal kejam di pertengahan tahun 30-an. Karena dibesarkan dalam keluarga tentara, Jianlin terbiasa dengan hidup disiplin yang ketat sejak usia dini. Keluarganya juga ingin dia bergabung dengan tentara.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Lee Kun-hee, Bos Samsung yang Kontroversial di Korea Selatan

Pada usia 15 tahun, Wang mengikuti jejak ayahnya dan bergabung dengan 'Tentara Pembebasan Rakyat' sebagai penjaga perbatasan. Etika kerjanya yang bagus membuatnya cepat dipromosikan ke posisi komandan resimen.

Dia bahkan melanjutkan untuk melayani tentara selama 17 tahun. Pada tahun 1976, ia bergabung dengan Partai Komunis China dan menjabat sebagai wakil Kongres Nasional ke-17.

Layanan dan kesetiaannya terhadap partai komunis berlanjut sepanjang hidupnya dan selanjutnya membantunya mengejar tujuan bisnisnya.

Setelah enam belas tahun di Tentara Pembebasan Rakyat, Wang mulai bekerja sebagai Administrator Kantor untuk Distrik Xigang di kota Dalian. Pada tahun 1989, ia menjadi Manajer Umum Pengembangan Perumahan Xigang.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini