Awas, Kapal Angkatan Laut Turki Diluncurkan di Pakistan

Awas, Kapal Angkatan Laut Turki Diluncurkan di Pakistan Kredit Foto: AP Photo

Kapal anti-kapal selam produksi Turki ketiga untuk Pakistan diluncurkan pada Minggu, ujar Kementerian Pertahanan Nasional Turki pada Sabtu (24/10/2020).

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar akan menghadiri upacara di Karachi tersebut. Pembangunan dua korvet itu akan dilanjutkan di Turki dan dua lainnya di Pakistan, sebagai bagian dari proyek kapal perang nasional Turki MILGEM.

Baca Juga: Sudah Miliki S-400 Rusia, Turki Rupanya Masih Incar Rudal Patriot AS

Terlepas adanya pandemi Covid-19, kapal pertama dijadwalkan akan dikirim ke Pakistan pada 2023, sesuai rencana semula.

Angkatan Laut Pakistan menandatangani kontrak dengan pabrik militer Turki dan perusahaan galangan kapal, ASFAT, pada Juli 2018 untuk memperoleh empat kapal kelas MILGEM.

Pada Oktober 2019, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, bersama Kepala Angkatan Laut Pakistan Laksamana Zafar Mahmood Abbasi, memotong pelat logam pertama korvet dalam sebuah upacara di Istanbul.

Turki adalah satu dari 10 negara yang dapat membangun, merancang, dan memelihara kapal perang dengan kemampuan nasionalnya.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini