Sempat Singkirkan Prabowo, Kans Ganjar di Pilpres 2024 Terbuka Lebar

Sempat Singkirkan Prabowo, Kans Ganjar di Pilpres 2024 Terbuka Lebar Kredit Foto: Antara/Anis Efizudin

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 memang masih jauh. Namun, isu mengenai sosok pemimpin berikutnya sudah mencuat ke tengah publik sejak beberapa bulan lalu.

Berbagai survei dilakukan untuk menemukan calon pemimpin ideal Indonesia mendatang. Selain Prabowo Subianto yang selalu meraih peringkat tertinggi dalam survei, sejumlah nama pun sering berslieweran muncul dalam berabagi jejak pendapat.

Adapun nama-nama tersebut di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua DPR Puan Maharani, dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

Baca Juga: Prabowo Subianto vs Ganjar Pranowo: Bersaing Ketat!

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo adalah satu di antara sejumlah kepala daerah yang masuk bursa Pilpres 2024 mendatang. Elektabilitas politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu cukup lumayan di berbagai lembaga survei itu.

Bahkan, elektabilitas mantan anggota DPR itu menyalip Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berdasarkan survei New Media Indonesia Research and Consulting. Berdasarkan hasil survei yang diumumkan pada Kamis (1/10/2020) itu, elektabilitas Ganjar Pranowo 17,1 %, dan Prabowo 16,5%.

Sementara itu, lembaga survei Indikator Politik Indonesia mencatat elektabilitas pria kelahiran Karanganyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968 itu mencapai 16,2 persen pada Juli 2020, meningkat dari 11,8% di Mei 2020. Lembaga survei Indometer yang diumumkan pada Senin (27/7/2020) juga mencatat elektabilitas Ganjar naik dari sebelumnya 9,7% menjadi 15,4%.

Tak hanya itu, survei Vox Populi yang dilaksanakan 11-20 September 2020 juga mencatat elektabilitas Ganjar naik dua persen dari 15,6 persen menjadi 17,6%. Adapun elektabilitas Ganjar versi survei 6-12 Juli 2020 lembaga Charta Politika Indonesia sebesar 15,9% alias tertinggi kedua setelah Prabowo Subianto 17,5% .

Selain itu, survei yang dilakukan Polmatrix Indonesia pada 1-10 September 2020 mencatat elektabilitas Ganjar Pranowo tertinggi kedua, yakni 13,9 persen naik tipis dari sebelumnya 13,7%.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini