Jokowi Harap IDI Jadi Gerbong Reformasi Sistem Kesehatan RI

Jokowi Harap IDI Jadi Gerbong Reformasi Sistem Kesehatan RI Foto: Antara/Biro Pers/Kris

Presiden Joko Widodo mengatakan, pandemi Covid-19 dapat menjadi momentum bagi penguatan ketahanan kesehatan dan kapasitas pelayanan kesehatan nasional. Pandemi menunjukkan kelemahan yang harus diperbaiki.

“Pandemi ini memberi banyak pelajaran kepada kita. Semakin kita tahu kelemahan-kelemahan yang harus segera kita perbaiki," kata Presiden pada peringatan HUT Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagaimana video yang ditayangkan Sekretariat Presiden di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Belasungkawa Mendalam untuk Para Dokter yang Gugur Akibat COVID-19

Presiden mengatakan, situasi sulit karena pandemi Covid-19 ini dapat digunakan sebagai momentum untuk transformasi dalam reformasi sistem kesehatan di Tanah Air. Reformasi tersebut, di antaranya dapat dimulai dari sisi pencegahan.

Orientasi pada pencegahan penyakit dan pola hidup sehat menjadi prioritas utama yang membutuhkan dukungan dari sektor non-kesehatan. Kemudian juga membutuhkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat, serta dukungan dari organisasi sosial keagamaan.

Selain itu, penguatan kapasitas sumber daya manusia kesehatan, pengembangan rumah sakit dan balai-balai kesehatan, serta industri obat-obatan dan alat-alat kesehatan di Tanah Air juga terus dilakukan. Presiden mengatakan selama pandemi ini misalnya, telah banyak inovasi yang dikembangkan oleh para peneliti dan inovator di dalam negeri.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini