Trump Umumkan Sudan Setujui Normalisasi Hubungan dengan Israel

Trump Umumkan Sudan Setujui Normalisasi Hubungan dengan Israel Kredit Foto: Reuters/Umit Bektas

Sudan akan menjadi negara terbaru yang menormalisasi hubungannya dengan Israel, langkah yang sebelumnya telah dilakukan beberapa negara Arab. Kesepakatan Sudan datang beberapa minggu setelah langkah serupa oleh Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain.

Langkah Sudan itu diumumkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Jumat (23/10/2020). Pada saat yang sama, Trump akan menghapus Sudan dari daftar negara sponsor terorisme AS dan mencabut blokade bantuan ekonomi dan investasi untuk negara itu.

Baca Juga: Tekanan AS Soal Normalisasi dengan Israel Terus Diterima Sudan

Mengumumkan normalisasi tersebut, Trump mengatakan "setidaknya lima lagi" negara Arab menginginkan kesepakatan damai dengan Israel.

Sebelumnya, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain telah menandatangani kesepakatan normalisasi hubungan dengan Negara Zionis. Kedua negara Teluk itu menjadi yang pertama di Timur Tengah yang mengakui Israel dalam 26 tahun.

Dalam pernyataan tiga arah, AS, Sudan, dan Israel mengatakan bahwa delegasi mereka akan bertemu “dalam beberapa pekan mendatang”.

"Para pemimpin setuju untuk normalisasi hubungan antara Sudan dan Israel dan untuk mengakhiri keadaan perang antara negara mereka," demikian diumumkan dalam pernyataan tersebut sebagaimana dilansir BBC.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini