Antisipasi Banjir, Petugas SDA Jabar Siaga Penuh

Antisipasi Banjir, Petugas SDA Jabar Siaga Penuh Foto: Rahmat Saepulloh

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan normalisasi aliran sungai jelang musim hujan saat ini. Pembersihan dilakukan di berbagai saluran air terutama yang kewenangannya berada di Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas SDA Jawa Barat Dikky Achmad Sidik mengatakan, pihaknya bersama unsur lainnya seperti Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah mengantisipasi datangnya musim hujan saat ini.  Baca Juga: Legislator Jabar Masih Kaji Raperda Pesantren

"Kami sudah berkoordinasi, sudah membersihkan aliran-aliran air untuk mengantisipasi banjir," kata Dikky di Bandung, Sabtu (24/10/2020).

Dikky mengungkapkan enam wilayah sungai di Jawa Barat, terdapat ratusan titik rawan banjir terutama yang terjadi hampir setiap tahun. Oleh karena itu, pihaknya melakukan berbagai upaya seperti menormalisasi aliran wilayah sungai.

Dari enam wilayah sungai yang ada di Jawa Barat, pihaknya sudah menormalisasi di bagian selatan seperti Cisadea-Cibareno dan Ciwulan-Cilaki. Normalisasi dilakukan seperti dengan pembersihan sampah dan pengerukan sehingga memperlancar aliran air.

"Karena ada juga yang kewenangannya di BBWS," ujarnya. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini