Simak, Negara-negara Ini Diprediksi Rugi Jika Donald Trump Kalah Pilpres

Simak, Negara-negara Ini Diprediksi Rugi Jika Donald Trump Kalah Pilpres Foto: Antara/REUTERS/Erin Scott

Pemilihan presiden (pilpres) 2020 di Amerika Serikat (AS) tinggal hitungan hari. Berdasarkan rencana, pemilihan umum itu akan dilaksanakan pada 2 November atau selambatnya 8 November 2020 mendatang.

Terdapat dua calon presiden yang telah mengajukan diri yakni Joe Biden dan Presiden AS sebelumnya, Donald Trump. Adapula prediksi dari sejumlah pihak jika Donald Trump ternyata kalah dalam pilpres tersebut.

Baca Juga: Usai Dipuji Trump, Moderator Debat Kristen Welker Disanjung Sana-Sini

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman SCMP, empat tahun masa jabatan Donald Trump sebelumnya ternyata menguntungkan beberapa negara karena kebijakan yang dikeluarkan oleh presiden dinilai 'modern'.

Bahkan menurut Joe Biden pada acara balai kota baru-baru ini, Donald Trump adalah seorang pemimpin yang merangkul semua 'preman' di dunia.

Berikut 7 negara yang diramalkan akan terkena dampak jika Donald Trump kalah dalam pemilihan presiden 2020.

1. Kim Jong Un dari Korea Utara

Di antara semua negara, Korea Utara adalah negara yang dianggap akan terkena dampak cukup besar jika Donald Trump menghadapi kekalahan.

Hubungan kedua negara yang dimulai dengan ancaman dan 'penghinaan' tersebut berubah menjadi hal baik belakangan ini.

Bahkan Donald Trump dan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un sempat bertemu selama tiga kali. Juga kerap bertukar surat sebagai tanda bahwa reaksi mereka sangat baik.

Meski begitu, pendekatan AS pernah gagal saat Korea Utara meluncurkan denuklirisasi rudal balistik antar benua pada 10 Oktober 2020 lalu.

Berbeda dengan Donald Trump, Joe Biden mengatakan dalam kampanye bahwa ia tidak akan bertemu tanpa prasyarat dengan Kim Jong Un.

Bahkan kecil kemungkinan akan mencabut sanksi AS kepada Korea Utara yang berlaku selama ini.

Padahal hukuman tersebut berakibat resesi ekonomi terburuk di Korea Utara dalam dua dekade lebih.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini