Edward Snowden Diizinkan Tinggal Permanen di Rusia, Ini Alasannya...

Edward Snowden Diizinkan Tinggal Permanen di Rusia, Ini Alasannya... Kredit Foto: AFP/Via Arab News

Pemerintah Rusia telah memberikan hak tinggal permanen kepada Edward Snowden, Kamis (22/10/2020). Dia adalah mantan kontraktor National Security Agency (NSA), sebuah lembaga kriptografi milik Pemerintah Amerika Serikat (AS).

Pengacara Snowden, Anatoly Kucherena, mengungkapkan izin tinggal kliennya di Rusia sebenarnya sudah habis. Namun, mereka meminta otoritas Rusia untuk memperpanjangnya.

Baca Juga: Sudah Miliki S-400 Rusia, Turki Rupanya Masih Incar Rudal Patriot AS

"Kami sudah menyerahkan dokumen pada bulan April dan kami mendapat hak tinggal permanen (pada hari Kamis)," kata Kucherena.

Dia mengatakan Snowden pun sedang mempertimbangkan untuk mengajukan kepemilikan paspor Rusia. Snowden melarikan diri dari AS pada 2013.

Hal itu dia lakukan setelah membocorkan data-data rahasia terkait operasi mata-mata yang dilakukan NSA, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Pembocoran itu sempat membuat hubungan AS dengan beberapa negara Eropa, seperti Prancis dan Jerman terganggu.

Bertahun-tahun otoritas AS berupaya menyeret Snowden kembali ke Amerika. Dia hendak dibawa ke pengadilan pidana atas tuduhan spionase. Kasus tersebut telah diajukan sejak 2013. Snowden mendapat suaka di Rusia.

Selama di negara tersebut, Snowden tidak terlalu menonjolkan diri. Dia memuji keindahan alam Rusia dan kehangatan masyarakatnya. Namun, Snowden tetap menggunakan media sosialnya untuk mengkritik kebijakan-kebijakan pemerintah. 

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini