Awas, Afrika Selatan Umumkan Larang Warga Negara Indonesia karena...

Awas, Afrika Selatan Umumkan Larang Warga Negara Indonesia karena... Kredit Foto: Reuters/Siphiwe Sibeko

Beberapa negara membatasi kedatangan dari luar negeri demi mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas lagi. Salah satu negara yang memberlakukan pembatasan tersebut yakni Afrika Selatan.

Langkah tersebut diambil sebagai antisipasi untuk mengerem jumlah kunjungan warga luar negeri ke negaranya.

Baca Juga: Tembus Ring Satu, Corona Infeksi Menkes Afrika Selatan

Lalu bagaimana dengan nasib warga negara Indonesia? akankah Afrika Selatan menerima kedatangan WNI?

Mengingat jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang masih tinggi, hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang berisiko tinggi terhadap Covid-19.

Sebagaimana diberitakan JurnalPresisi.com dalam artikel "Waduh! Indonesia di Blacklist Afrika Selatan, Ada Apa ?", Departemen Dalam Negeri Afrika Selatan melakukan peninjauan terhadap daftar negara yang memiliki risiko tinggi dalam Covid-19 yang kemudian akan dilarang memasuki negara ini.

Hal ini berdasar pada aturan lockdown tingkat satu yang dilakukan pemerintah Afrika Selatan untuk menyelamatkan dan melindungi warga Afrika Selatan beserta perekonomian negara tersebut.

"Kami mengapresiasi kontribusi ekonomi signifikan yang mereka berikan melalui aktivitas mereka di negara ini. Untuk tujuan ini, kami juga akan mengizinkan pengunjung, dalam kategori apa pun, yang datang untuk tinggal selama tiga bulan atau lebih dengan tunduk pada protokol Covid-19," dikutip dari pengumuman yang dibuat oleh pemerintah setempat.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini