Gerak Cepat Prabowo Bahas Jet Eurofighter Typhoon dengan Austria

Gerak Cepat Prabowo Bahas Jet Eurofighter Typhoon dengan Austria Kredit Foto: Aviation Stackexchange

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Klaudia Tanner di Wina pada Selasa (20/10/2020) waktu setempat.

Dalam keterangan resmi Kementerian Pertahanan Austria, keduanya bertemu di kantor kementerian pertahanan untuk berdiskusi terkait dengan rencana pembelian pesawat tempur Eurofighter Typhoon.

Baca Juga: Gubernur Lemhanas: Kunjungan Prabowo ke AS Sesuai Arahan Presiden

Klaudia Tanner mengatakan Indonesia merupakan mitra ekonomi yang kuat bagi Austria dan pertemuan tersebut merupakan titik awal diskusi pertama di tingkat teknis terkait dengan rencana pembelian pesawat tempur Eurofighter Typhoon.

"Saya bisa berbicara dengan rekan Indonesia saya untuk pertama kalinya," ujar Klaudia Tanner pada Selasa.

Sebelumnya, rencana kunjungan Prabowo Subianto beredar melalui surat antar menteri pertahanan kedua negara. Surat terbaru yang beredar yakni Surat Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto tertanggal 8 Oktober 2020.

Surat itu merupakan surat balasan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto kepada Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner mengenai wacana pembelian pesawat Eurofighter Typhoon bekas.

Prabowo dalam surat itu menjelaskan mengenai Indonesia yang tengah melakukan pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) untuk menjaga wilayah dan rakyat Indonesia sehingga Kementerian Pertahanan mengajukan penawaran untuk membeli pesawat Militer Austria itu.

Prabowo dalam surat itu juga mengajukan permintaan untuk bertemu dengan Klaudia Tanner pada 20 Oktober 2020 untuk membahas wacana pembelian pesawat itu.

"Saya yakin kerja sama pertahanan kita akan terus tumbuh dan berkembang," tutup surat itu.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini