Kasih Skor A Minus ke Jokowi, Gerung: A untuk Kebohongan, Minus untuk Kejujuran

Kasih Skor A Minus ke Jokowi, Gerung: A untuk Kebohongan, Minus untuk Kejujuran Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Satu tahun Kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin, pengamat politik Rocky Gerung memberikan skor A minus.

Satu tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma'ruf Amin menjadi topik program Mata Najwa, Rabu (21/10/2020) malam. Program yang mengangkat tema Tahun Pertama: Jokowi Ma'ruf Sampai di Mana menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Peneliti Perhimpunan Pendidikan dan Demokrasi Indonesia Rocky Gerung dan Tenaga Ahli Utama KSP Dany Amrul Ichdan.

"Skor A minus (selama satu tahun ini). A buat kebohongan, minus buat kejujuran," kata Rocky Gerung yang diberi kesempatan bicara pertama kali oleh Najwa Shihab.

Baca Juga: Elite KAMI Diborgol Bak Kriminal Usai Serang Rezim, Gerung: Jokowi Pasti Bahagia

Rocky pun mengungkapkan alasannya. Menurutnya, pada tahun pertama di periode kedua Jokowi, publik sudah kehilangan kepercayaan terhadap pemerintah.

"Ada semacam yang bilang, mudah-mudahan masih bisa lanjut. (Tapi) itu hanya untuk situasi psikologis publik supaya Pak Jokowi lanjut. Faktanya, kepercayaan hilang," ungkapnya.

Pernyataan Rocky ini langsung dibantah oleh Tenaga Ahli Utama KSP Dany Amrul Ichdan. Dengan mengeluarkan data hasil survei, dia menyebutkan kepercayaan publik justru mengalami kenaikan.

"Ada beberapa indikator dari beberapa survei, public trust naik. Memang sempat turun di awal. Tapi, dengan komunikasi publik dan penanganan pandemi yang baik sekarang, kepercayaan naik," katanya.

"Di awal-awal pandemi memang komunikasi belum terintegrasi baik. Lama-lama terstruktur. Memang ada gap yang besar, kita perbaiki gap itu," lanjut Dany Amrul Ichdan.

Beberapa program kerja pemerintah menurutnya juga terus jalan. Salah satunya transformasi ekonomi yang jadi tujuan Presiden tetap dieksekusi di lapangan.

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini