Luhut Ingin Tentara China Masuk RI Selepas Corona, Faktanya...

Luhut Ingin Tentara China Masuk RI Selepas Corona, Faktanya... Foto: Sufri Yuliardi

Sebuah akun facebook bernama Bilal Ar Robbah mengunggah gambar hasil tangkapan layar laman berita.

Dalam laman berita yang dibagikan akun tersebut menyatakan bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan tentara China kembali masuk Indonesia.

Baca Juga: AS-China Lagi Perang Dagang, Opung Luhut Emang Beda, Ambil Kesempatan dalam Kesempitan

Berikut narasi dalam laman berita tersebut: "Corona Mereda, Luhut Mau Tentara Cina Segera Masuk Lagi ke Indonesia".

Dalam tangkap layar itu berisi narasi, "Alasan Luhut Datangkan Tentara China Mereka Hanya Ingin mencari bini Indonesia Saja".

Dikutip Jurnal Garut dari Turn Back Hoax Mafindo, dari hasil penelusuran, tidak ditemukan artikel berita yang berjudul "Corona Mereda, Luhut Mau Tentara Cina Segera Masuk Lagi ke Indonesia".

Akan tetapi, ditemukan salah satu artikel tirto.id yang berjudul "Corona Mereda, Luhut Mau TKA Cina Segera Masuk Lagi ke Indonesia" yang tayang pada 21 februari 2019.

Sementara, untuk foto yang digunakan pada hasil tangkapan layar juga berhasil ditemukan di beberapa laman dan artikel yang salah satunya terdapat pada Republika.co.id dengan judul pemberitaan "Cina akan Kirim 395 Tentara ke Mali" yang tayang pada 19 April 2018.

Dengan demikian, unggahan dari akun Facebook Bilal Ar Robbah tidak sesuai dengan fakta dan masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini