Sinergi PGN dan Pemerintah, Dorong Pemulihan Ekonomi

Sinergi PGN dan Pemerintah, Dorong Pemulihan Ekonomi Foto: PGN

PT Pertamina (Persero) melalui subholding gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berkomitmen untuk melaksanakan optimalisasi utilisasi gas bumi guna membantu pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui realisasi harga gas bumi 6 dolar US per MMBTU untuk mendukung daya saing industri sesuai dengan Kepmen ESDM 89K/2020.

Direktur Komersial PGN Faris Aziz mengatakan bahwa implementasi harga gas bumi 6 dolar US per MMBTU pada tujuh sektor industri tertentu telah memasuki tahap akhir dan telah memperlihatkan dampak positif secara nyata. 

Baca Juga: PGN Dorong Perekonomian Daerah dari Proyek Pipa Minyak Blok Rokan

Hal ini ditunjukan dari peningkatan penyerapan gas bumi pada setiap sektor dan pertumbuhan produksi industri. Penyerapan gas bumi PGN di tujuh sektor indutri tertentu menunjukkan tren naik dari Agustus 2020 sebesar 219 BBTUD meningkat menjadi 230 BBTUD pada September 2020.

"Dengan peningkatan produktivitas industri, sinergi PGN dengan kebijakan pemerintah untuk pemulihan ekonomi sudah mulai terlihat. Mulai semester II, pelanggan semua sektor industri Kepmen ESDM 89K mulai menggeliat kembali. Ini sejalan dengan pernyataan dari pemerintah, di mana ekonomi Indonesia mulai kembali bangkit pada September lalu yang ditunjukkan melalui berbagai indikator ekonomi dan keuangan," kata Faris dalam keterangan pers, Rabu (21/10/2020).

Sementara itu, dikutip dari pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mengatakan, ada recovery di September sehingga menjadi tanda positif bagi pemulihan ekonomi industri. Selain itu, ekspor pada September, salah satunya didorong oleh pertumbuhan migas sebesar 17,4 persen.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini