Bukan Kaleng-Kaleng! Investasi Emas Jadi Dambaan, Antam Ketiban Berkah Gila-Gilaan!

Bukan Kaleng-Kaleng! Investasi Emas Jadi Dambaan, Antam Ketiban Berkah Gila-Gilaan! Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Emas menjadi instrumen insvestasi yang banyak digandrungi oleh masyarakat dalam beberapa waktu terakhir, terutama sejak adanya pandemi Covid-19. Publik pun mulai beralih ke investasi emas karena dianggap menjadi aset safe haven di tengah ketidakpastian ekonomi akibat virus corona. Kondisi demikian pun diamini oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam), perusahaan BUMN yang menjual produk emas batangan.

Baca Juga: Finally! Harga Emas Antam Unjuk Gigi Lagi, Hari Ini Dibanderol Lebih Tinggi

Baca Juga: Dolar AS Babak Belur, Eits Bukan Berarti Rupiah Mujur!

Sekretaris Antam, Kunto Hendrapawoko, mengungkapkan bahwa kesadaran berinvestasi emas di tengah tren kenaikan harga emas dan fluktuasi nilai tukar mata uang asing turut mendongkrak pertumbuhan yang positif terhadap kinerja segmen emas Antam, terutama pada periode kuartal III tahun 2020. Hal itu tercermin dari angka penjualan emas yang melonjak drastis hingga nyaris mencapai 150%.

Baca Juga: Awas! Gara-Gara Ini, Investasi Emas Bisa Berujung Nahas!

"Sepanjang periode 3Q20, Antam membukukan tingkat penjualan emas unaudited sebesar 6.967 Kg, tumbuh signifikan sebesar 147% dibandingkan capaian penjualan emas pada triwulan kedua tahun 2020 (April-Juni 2020) yang mencapai 2.818 Kg," sebut Kunto secara tertulis, Jakarta, 21 Oktober 2020.

Jika dikalkulasikan, sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini (Januari-September), penjualan emas Antam mencapai 14.882 Kg. Ia menambahkan, Antam telah melakukan adaptasi bisnis di tengah pandemi, yakni dengan melakukan inovasi penjualan produk emas berbasis online. Setiap transaksi penjualan dan buyback emas Antam dilakukan secara daring melalui laman logammulia.com.

Pada saat yang bersamaan, Antam juga melayani penjualan sales canvassing di beberapa lokasi melalui jaringan Butik Emas Logam Mulia. Penerapan protokol kesehatan yang ketat menjadi suatu hal yang tidak luput dalam menjalankan operasional tersebut.

"Antam melalui Unit Bisnis Pengolagan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) mengembangkan layanan produk jasa depositori emas Logam Mulia 'BRANKAS' guna meningkatkan kemudahan akses para pelanggan dalam menginvestasikan dana yang dimilikinya dalam bentuk emas fisik secara mudah dan aman," sambungnya.

UBPP LM, jelas Kunto, merupakan satu-satunya pabrik pemurnian emas di Indonesia dengan akreditasi Good Delivery List Refiner di London Bullion Market Association (LBMA). Itu artinya, produk emas Antam berstandar internasional dengan jaminan atas kualitas mutu kada 99,99%.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini