Kisah Orang Terkaya: Thomas Peterffy, Imigran yang Sukses di Negeri Orang

Kisah Orang Terkaya: Thomas Peterffy, Imigran yang Sukses di Negeri Orang Foto: REUTERS/Mike Segar

Salah satu orang terkaya di dunia berasal dari Amerika. Ia adalah Thomas Peterffy seorang pengusaha kelahiran Hungaria. Dia adalah pendiri dan pemegang saham terbesar dari Interactive Brokers. Hari ini kekayaan Thomas Peterffy mencapai USD17,3 miliar (Rp254 triliun), menurut Forbes.

Pada tahun 1977, ia membeli kursi di American Stock Exchange dan berperan dalam mengembangkan platform perdagangan elektronik pertama untuk sekuritas. Menurut Forbes dia adalah orang Hongaria terkaya, dan orang terkaya di Florida.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Gennady Timchenko, Sahabat Putin Sang Investor Energi

Pria kelahiran Budapest, Hongaria, pada 30 September 1944, di ruang bawah tanah rumah sakit ini lahir saat serangan udara Rusia. Ayahnya berimigrasi ke AS setelah kegagalan Revolusi Hongaria pada tahun 1956.

Thomas meninggalkan studi tekniknya di Hongaria dan berimigrasi ke AS untuk bertemu dengan ayahnya di New York pada tahun 1965. Namun, saat tiba di AS, ayahnya tinggal bersama istri keduanya dan tidak memiliki ruang untuk menampung Thomas.

Setelah itu, Thomas diberi USD100 dan ayahnya meminta ia membuat sesuatu untuk dirinya sendiri. Di sanalah ia mulai membuat multi-miliuner dari pengungsi yang tidak punya uang.

Thomas pun pindah ke New York dalam keadaan tidak bisa berbahasa Inggris. Di AS, ia memulai karirnya sebagai juru gambar arsitektur yang mengerjakan proyek jalan raya untuk sebuah perusahaan teknik.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini