Merinding, Kuburan Massal Korban ISIS Ditemukan di Irak

Merinding, Kuburan Massal Korban ISIS Ditemukan di Irak Kredit Foto: Antara/Via Reuters/Thaier al-Sudani

Sebuah kuburan massal puluhan warga Irak yang dibunuh oleh kelompok teroris Daesh / ISIS digali di Provinsi Kirkuk Utara.

"Jasad 45 orang yang dibunuh oleh teroris Daesh/ISIS ditemukan di makam di Kota Dawood al-Alouka," kata seorang petugas keamanan pada Selasa.

Baca Juga: Lebih dari 600 Bekas Pasukan ISIS Dibebaskan Otoritas Kurdi

Dia mengatakan otoritas forensik sedang mengidentifikasi jenazah tersebut.

Teroris Daesh/ISIS memperoleh kendali penuh di Provinsi Mosul, Salahadin, dan Anbar serta merebut wilayah di Diyala dan Kirkuk pada 2014.

Namun pasukan keamanan Irak berhasil menguasai kembali wilayah itu pada tahun-tahun berikutnya. Kelompok teror pun meninggalkan puluhan kuburan massal di daerah-daerah yang berada di bawah kendali mereka.

Pada 2017, Irak menyatakan kemenangan atas Daesh / ISIS dengan mengambil alih kendali semua wilayahnya --sekitar sepertiga dari luas negara-- yang dikuasai oleh kelompok teroris tersebut.

Satu tahun kemudian, misi PBB di Irak mendokumentasikan 202 kuburan massal, di mana sekitar 6.000 hingga 12.000 orang dimakamkan.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini