Wamen BUMN Beberkan Tanda-tanda Ekonomi RI Segera Pulih

Wamen BUMN Beberkan Tanda-tanda Ekonomi RI Segera Pulih Kredit Foto: Warta Ekonomi

Wakil Menteri (Wamen) BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa transportasi darat yang mulai menggeliat menjadi pertanda perbaikan ekonomi.

"Kalau kita lihat di toll road ada berita positif, transportasi darat sudah mulai menggeliat. Ini kita harapkan menjadi pertanda bahwa masyarakat mulai beraktivitas baik untuk bisnis maupun untuk wisata," kata Tiko dalam seminar rangkaian Capital Market Summit & Expo 2020, Selasa, (20/10/2020).

Tiko mengatakan, lalu lintas jalan tol di trans Jawa dan Sumatera sudah mencapai di atas 50%.

Baca Juga: Wow! PLN Siap Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Tiko mengatakan, meski terdapat peningkatan aktivitas dalam transportasi darat, kinerja BUMN bidang transportasi tidak serta merta mengalami perbaikan, hal itu dikarenakan masyarakat cenderung memilih kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum.

"Ada perpindahan moda, dari kereta dan pesawat sekarang banyak masyarakat bepergian dengan mobil pribadi," katanya.

Tiko menuturkan, terdapat tiga sektor BUMN yang saat ini masih merasakan dampak dari pandemi Covid-19, yakni energi, pariwisata, dan infrastruktur.

"Sektor infrastruktur, khususnya pada transportasi seperti KAI. Kalau kita lihat dari sisi kereta api, trafik penumpang per hari hanya 16 persen, masih sangat lambat karena memang keinginan masyarakat untuk naik transportasi umum masih rendah karena Covid-19," katanya.

Sektor pariwisata, lanjut dia, penerapan PSBB memberi dampak cukup signifikan terhadap airline, hotel dan lainnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini