Wow! PLN Siap Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Wow! PLN Siap Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Kredit Foto: WE

Pemerintah bersama DPR RI kini tengah menyusun Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Terbarukan (RUU EBT). Salah satu poinnya terkait pengembangan energi nuklir.

Direktur Puslitbang PLN Iswan Prahastono mengatakan, PT PLN (Persero) mengaku siap jika diberi tugas oleh pemerintah untuk terlibat dalam pengembangan energi baru tersebut. Perseroan juga telah melakukan sejumlah kajian dalam membangun pembangkit nuklir.

"Dari sisi PLN seandainya memang ditugaskan pembangkit nuklir, kita sudah lakukan kajian terhadap penerimaan masyarakat seperti apa. Dari sisi non-teknis kebanyakan. Kalau dari sisi teknis kita enggak ada masalah," kata Iswan dalam sesi teleconference, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga: Alhamdulillah, PLN Hadirkan Layanan Listrik 24 Jam di Perbatasan NTT-Timor Leste

Iswan mengatakan, saat ini sudah banyak penelitian tentang teknologi nuklir dari sisi generasi ke-4. PLN juga telah berkoordinasi dengan BPPT dan LIPI untuk membuat kajian terkait hal tersebut.

"Jadi, sebetulnya sangat memungkinkan. Mungkin dari sisi masyarakat ada kajian penerimaan, itu pun sudah kita lakukan juga," kata Iswan.

Iswan menuturkan, saat ini PLN masih sebatas melakukan kajian seputar teknologi nuklir. Sebab perseroan belum memiliki pembangkit nuklir sehingga belum bisa membuat terobosan.

Akses terhadap teknologi nuklir generasi ke-4 pun belum banyak bisa dipelajari, lantaran produsennya di dunia saat ini terhitung belum banyak.

"Itu sudah kita pelajari semua, apa kelemahan, kelebihan, terus produsennya nanti yang mana. Mungkin kalau nanti terjadi itu ngambilnya yang dari Jepang. Istilahnya bukan inovasi, kajian. Kalau inovasi jelas enggak ada karena kita enggak punya teknologi nuklir," tutur Iswan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini