Manfaatkan Potensi Laut, HCML Garap Proyek Ini

Manfaatkan Potensi Laut, HCML Garap Proyek Ini Kredit Foto: Dok. HCML

Husky CNOOC Madura Limited (HCML) terus mengembangkan Program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya yakni, penguatan di bidang usaha kuliner dan kepariwisataan dengan memanfaatkan potensi laut di Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jatim.

Menurut Manajer Cafe Laut Semare, Ahmad Nauval, pengembangan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan HCML cukup bermanfaat bagi pelaku usaha kuliner dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.  Baca Juga: Ditanya Soal Kontribusi pada Warga, Ini Jawaban HCML

"Pengunjungnya rata-rata seribu orang per hari sebelum pandemi. Namun sekarang  berkisar 300 orang. Kami terus malkukan bermusyawarah menyepakati bagaimana cara kita bertahan bisnis kuliner saat pandemi saat ini,” ujar Nauval sapaannya. Baca Juga: HCML Terus Gandeng Vendor Lewat Digital

Menyikapai hal itu,  Manager Regional Office HCML Hamim Tohari pihaknya membantu penyediaan pelatihan bagi kelompok sadar wisata (pokdarwis). Selain itu, HCML juga memfasilitasi peningkatan kapasitas manajerial di tim manajemen CLS. Peningkatan kapasitas ini sangat penting, mengingat Café Laut Semare diharapkan bisa menjadi lumbung peningkatan perekonomian masyarakat Desa Semare. Kafe ini didirikan dengan payung hukum Peraturan Desa Semare Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Wisata Desa. 

Dikatakan Hamim, bertujuan tiga hal dalam pengembangan bisnis kuliner di mengingat Café Laut Semare yakni, Pertama, meningkatkan perekonomian desa. Kedua, mengurangi angka pengangguran, dan terakhir, memanfaatkan potensi laut Desa Semare.

“Ada enam lapak yang berjualan di kafe ini. Lima lapak masing-masing adalah perwakilan dari lima dusun. Sementara satu lapak dibangun pemerintah desa dan khusus menjual minuman,” kata Hamim di Surabaya, Selasa (20/10/2020).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini