PGN Dorong Perekonomian Daerah dari Proyek Pipa Minyak Blok Rokan

PGN Dorong Perekonomian Daerah dari Proyek Pipa Minyak Blok Rokan Foto: PGN

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mendorong perekonomian daerah agar proses transisi pengelolaan Blok Rokan berjalan lancar dan dapat meningkatkan pencapaian efisiensi pembiayaan dalam pelaksanaan proyek strategis nasional pipa minyak Rokan.

Direktur Utama PGN Suko Hartono mengatakan, dalam pembangunan pipa transmisi minyak Rokan tersebut, PGN menargetkan dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan wilayah. Dikarenakan pembangunan proyek strategis nasional ini melibatkan lebih dari 60% scope konstruksi dan tenaga kerja lokal.

"Dengan pembangunan yang melibatkan sumber daya lokal, maka diharapkan multiplier effect-nya mampu berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kapasitas SDM dan transfer knowledge di daerah," kata Suko dalam keterangan tertulis, Senin (19/10/2020).

Baca Juga: PGN Siap Bangun Infrastruktur LNG di 52 Pembangkit Listrik PLN

Suko mengatakan, pemberdayaan pengusaha dan tenaga kerja lokal juga turut menunjang pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat di masa krisis.

Dari transfer knowledge yang nanti terjadi, dapat memberikan manfaat dalam pengelolaan SDM khususnya pada aspek pemahaman teknologi dan komersial dalam pembangunan pipa minyak Rokan.

"Pembangunan proyek pipa minyak Rokan termasuk proyek strategis yang penuh risiko dan berbiaya besar sehingga dibutuhkan peningkatan penguasaan teknologi dan pemahaman yang baik terhadap aspek komersial. Dua aspek ini menjadi patokan utama agar hasilnya dapat optimal dan memberikan manfaat yang luas," katanya.

Melalui PT Pertagas sebagai pelaksana pembangunan, telah dilakukan kerja sama dalam pengadaan material pipa baja untuk pipa minyak Rokan dengan PT Krakatau Steel. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini