Angkasa Pura II Buka Pintu Penerbangan Indonesia-Singapura di Bandara Soetta

Angkasa Pura II Buka Pintu Penerbangan Indonesia-Singapura di Bandara Soetta Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Pemerintah sudah meresmikan pengaturan perjalanan atau Travel Corridor Arrangement (TCA) Indonesia dan Singapura pada 26 Oktober 2020. Adapun Bandara Soekarno-Hatta sebagai satu-satunya bandara yang menjadi pintu masuk TCA Indonesia–Singapura telah melakukan sejumlah persiapan di antaranya menetapkan alur khusus bagi penumpang pesawat yang memanfaatkan skema ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan sejumlah ketentuan yang disepakati kedua negara akan diterapkan sebagai suatu prosedur keberangkatan dan kedatangan.

"Skema ini khusus diperuntukkan bagi WNI dan warga negara Singapura yang ingin melakukan perjalanan bisnis mendesak, perjalanan diplomatik dan kedinasan," kata Awaluddin di Jakarta, Minggu (18/10/2020).

Baca Juga: UU Cipta Kerja Berlaku, Kontribusi Manufaktur Ditargetkan Tembus 25%

Untuk alur keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta dalam skema TCA, penumpang akan melalui thermal scanner di terminal penumpang pesawat. Selanjutnya mereka menuju counter check in maskapai untuk kemudian menunjukkan hasil tes PCR yang berlaku 72 jam. Kemudian penumpang melakukan verifikasi aplikasi electronic health alert card (e-HAC).

Sementara untuk alur kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta, penumpang yang tiba di terminal kedatangan akan menuju check point clearance aplikasi e-HAC yang sudah diisi sebelum keberangkatan.

Awaluddin mengatakan, penumpang juga akan memproses imigrasi dan bea cukai, lalu menuju check point pemeriksaan PCR test. "Apabila dinyatakan negatif, penumpang dapat melanjutkan ke tujuan akhir di Indonesia. Jika hasil positif, penumpang akan mengikuti proses karantina," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini