Apa Itu Pendapatan Per Kapita?

Apa Itu Pendapatan Per Kapita? Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata semua penduduk di suatu negara. Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendapatan per kapita merupakan pendapatan nasional dibagi jumlah penduduk.

Pendapatan per kapita dapat digunakan untuk menentukan pendapatan rata-rata per orang untuk suatu daerah dan untuk mengevaluasi standar hidup dan kualitas hidup penduduk. Penghitungan pendapatan per kapita mencakup pria, wanita, dan anak, bahkan bayi yang baru lahir, sebagai anggota populasi. Pendapatan per kapita dilaporkan sebagai bentuk nyata pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Apa Itu Pendapatan Operasional?

Meski pendapatan per kapita mencakup anak-anak dalam total populasi, tetapi anak-anak belum memperoleh penghasilan apa pun. Karena itulah, negara dengan banyak anak akan memiliki hasil yang miring karena akan memiliki lebih banyak orang yang membagi pendapatan mereka.

Pendapatan per kapita akan menunjukkan rata-rata pendapatan setiap warga yang produktif (usia kerja) berdasarkan indikator ekonomi makro. Pendapatan per kapita juga di dapatkan dari pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah pendudul di negara tersebut.

Selain itu, pendapatan per kapita merefleksikan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. PDB dan Pendapatan Nasional Bruto (PNB) yang sangat diperlukan untuk menentukan besarnya pendapatan per kapita.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini