Pandemi Bukan Halangan Seniman untuk Berkarya

Pandemi Bukan Halangan Seniman untuk Berkarya Foto: Boyke P. Siregar

Para pekerja se­ni dan pelaku budaya tetap terus berkarya agar terus produktif di tengah pembatasan sosial ak­ibat pandemi Covid-19. Hal ini turut pula dilakukan Pelukis yang juga dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB), Tisna Sanjaya.

Dalam diskusi bertajuk "Kreativitas di Atas Covid-19", Tisna mengungkapkan bahwa selama tujuh bulan menghadapi Covid-19, dirinya membuat banyak perubahan, termasuk dalam berkarya. Perubahan perilaku selama pandemi ini disikapi dengan kreativitas.

Baca Juga: Kreativitas Tak Boleh Mati karena Pandemi

Pria berusia 62 tahun ini mengaku tetap produktif dalam berkarya dengan menegakkan protokol kesehatan. Menurut dia, lebih banyak di dalam rumah bukan alasan untuk tidak berkarya.

"Situasi pandemi justru menjadi banyak inspirasi untuk berkarya, saya tetap melukis menggunakan bahan yang ada dalam rumah. Inspirasi saya melukis dari kehidupan saya sehari-hari," ujar Tisna.

Tisna mengatakan, meski di tengah pandemi, ide-ide untuk melukis tetap hadir. Ia menceritakan salah satu sumber idenya adalah kehidupan sehari-hari. "Banyak sekali gagasan-gagasan menarik yang datang. Banyak inspirasi untuk berkarya," tegasnya.

Kondisi serupa dialami Rando Sembiring, penyanyi juara Bintang Radio Indonesia dan ASEAN. Rando mengakui bahwa selama pandemi berlangsung sejumlah aktivitas menyanyi banyak yang tertunda bahkan dibatalkan.

"Selama pandemi, banyak jadwal yang ter-cancel atau ditunda. Namun, tetap bersyukur masih ada pekerjaan yang masih datang. Artinya, masih bisa juga nyanyi seperti live streaming," kata dia.

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini