Umrah Kembali Dibuka, Nasib Jamaah Indonesia Bagaimana?

Umrah Kembali Dibuka, Nasib Jamaah Indonesia Bagaimana? Foto: Antara/Saudi Ministry of Media/Handout via REUTERS

Arab Saudi kembali membuka kesempatan bagi para jamaah untuk melakukan ibadah umrah di tengah masa pandemi virus Corona (Covid-19).

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi mengambil kebijakan meniadakan umrah untuk mencegah penularan Covid-19 yang tengah mengancam masyarakat dunia.

Baca Juga: Lebih dari 1 Miliar Muslim Antre untuk Bisa Lanjutkan Umrah di Kabah

Pada 4 Oktober 2020, program umrah telah dibuka bagi warga Arab Saudi. Namun, izin itu hanya diberikan bagi enam ribu jamaah per hari yang disesuaikan dengan kapasitas Masjidil Haram. Sedangkan untuk jamaah luar negeri akan dibuka pada 1 November mendatang. Sejauh ini Arab Saudi belum mengumumkan negara mana saja yang diperbolehkan masuk ke negaranya untuk menunaikan ibadah ini.

Berdasarkan hasil survei Litbang SINDO Media pada 9-16 Oktober 2020, mayoritas responden mengaku sudah mengetahui kebijakan ini dan mereka pun menyambut baik keputusan ini. Para responden berharap Arab Saudi bisa mengizinkan kunjungan ibadah umrah untuk jamaah dari Indonesia.

Terlebih banyak jamaah Indonesia yang tertunda keberangkatannya akibat pandemi. Salah seorang responden bernama Indah Dwi, warga asal Tangerang Selatan mengaku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini