3 Tahun Jadi Gubernur, Anies Sudah Pantas Jadi Presiden?

3 Tahun Jadi Gubernur, Anies Sudah Pantas Jadi Presiden? Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Genap 3 tahun, Anies Baswedan memimpin Jakarta. Banyak yang memuji, tak sedikit juga yang memberikan catatan. Sementara sejumlah survei, kerap menempatkan Anies di bursa Pilpres 2024. Pertanyaannya, apakah Anies sudah pantas naik kelas dari gubernur ke presiden?

Anies dilantik menjadi Gubernur 16 Oktober 2017. Sejak Agustus 2018, Anies harus memimpin Jakar­ta sendirian, lantaran Sandiaga Uno maju sebagai Cawapres dan me­mutuskan mundur sebagai Wagub DKI. Baca Juga: Makin Hot! Buntut Bela Anies, Rektor Swasta Ditantang Ferdinand Eks Demokrat

Dua tahun solo karier, barulah pada 6 April lalu, Anies mendapatkan wakil. Politisi Gerindra, Ahmad Riza Patria resmi dilantik sebagai Wagub DKI. Baca Juga: Janji Politik Anies Emang Manis, Nyatanya Masalah Krusial Jakarta Gak Tuntas-tuntas

Lantas apa yang sudah ditorehkan Anies? Ada enam program yang diklaim sebagai prestasi Anies. Pertama, peningkatan pengguna transportasi umum. Rute TransJakarta dari 109 pada 2017 bertambah jadi 220 rute di tahun 2019.

Jumlah bus juga bertambah dari 2.380 pada 2017 menjadi 3.548 unit pada 2019. Selain itu, moda transportasi di Jakarta menjadi semakin terintegrasi melalui program Jak Lingko, yang tersambung dengan MRT dan LRT.

Kedua, penyediaan rumah DP 0 rupiah. Anies mengaku telah menyediakan hunian layak dengan harga terjangkau. Ketiga, penggratisan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Keempat, di bidang kebudayaan.

Kelima, revitalisasi trotoar. Anies telah merevitalisasi trotoar sepanjang 134 km selama dua tahun menjabat. Pembangunan itu disebut akan memanjakan pejalan kaki. Keenam, Anies mengklaim telah menunaikan janjinya menstop reklamasi yang digarap para “naga”.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini