AS Tunjuk-tunjuk Turki Jadi Aktor Memburuknya Perang Nagorno-Karabakh

AS Tunjuk-tunjuk Turki Jadi Aktor Memburuknya Perang Nagorno-Karabakh Foto: Sindonews

Perang Armenia dengan Azerbaijan di Nagorno Karabakh memasuki babak baru, menghapus harapan berakhirnya perang yang telah berlangsung selama tiga pekan itu.

Peperangan yang terjadi dekat jaringan pipa gas dan minyak di Azerbaijan itu memicu kekhawatiran di Eropa dan Amerika Serikat (AS). Keduanya menilai konflik di Nagorno Karabakh itu akan menyeret Turki dan Rusia ke dalam perang.

Baca Juga: Miris! Ini Deretan Bukti Kebiadaban Pasukan Armenia Bantai Rakyat Azerbaijan

Terkait hal tersebut, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan Turki telah memperburuk perang di Nagorno Karabakhdengan memberikan sumber daya ke Azerbaijan.

"Sebuah resolusi diplomatik diperlukan, daripada negara pihak ketiga datang untuk meminjamkan senjata mereka ke apa yang sudah menjadi tong mesiu," katanya dalam sebuah wawancara dengan penyiar WSB Atlanta yang disitir Reuters, Jumat (16/10/2020).

Ankara menuduh Armenia secara ilegal menduduki wilayah Azerbaijan. Armenia mengatakan Turki telah mendorong Azerbaijan untuk mengejar solusi militer atas konflik tersebut, yang membahayakan warga sipil Armenia.

Kementerian luar negeri Armenia mengatakan Menteri Luar Negeri Zohrab Mnatsakanyan telah berbicara melalui telepon dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres, meminta komunitas internasional untuk "menetralkan" tindakan Azerbaijan yang menurutnya menimbulkan bahaya eksistensial bagi rakyat Nagorno-Karabakh.

Sementara itu, Iran mentweet bahwa menteri luar negerinya Mohammad Javad Zarif telah menawarkan bantuan pihak Azerbaijan untuk proses perdamaian.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini