Tak Terpengaruh Banyak dari Corona, Kinerja Pelni Moncer

Tak Terpengaruh Banyak dari Corona, Kinerja Pelni Moncer Foto: Tri Yari Kurniawan

PT Pelayaran Indonesia (Persero) atau Pelni pede kinerjanya sampai akhir tahun tetap bisa moncer di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, indikator pertumbuhan kinerja bisa dilihat dari kenaikan okupansi kapal sepanjang kuartal III-2020 hingga 452 persen dibandingkan kuartal II-2020.

Baca Juga: Pelni Tak Jual Tiket Via Agen, Ini Alasannya

Menurutnya, angka ini bisa bertambah lagi karena di akhir tahun ada libur Natal dan Tahun Baru. "Namun, karena adanya pembatasan jumlah penumpang hanya boleh membawa 70 persen di kapal, belum dapat menutup terlalu banyak kinerja tahun ini sehingga keuntungan perusahaan masih minim," katanya di Jakarta, Jumat.

Yahya memprediksi pada kuartal IV 2020 akan kembali meningkat. Diakhir tahun, kata Yahya, sebanyak 26 kapal penumpang dan 45 trayek perintis tol laut akan beroperasi. Walapun ada 18 pelabuhan yang masih ditutup pemerintah daerah.

Yahya menegaskan, sejauh ini Pelni telah mengikuti protokol kesehatan bagi penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK). Hal itu untuk mencegah jangan sampai ABK terpapar penumpang. Begitu juga sebaliknya, karena waktu perjalanan yang cukup lama.

Pelni juga memberlakukan persyaratan untuk membeli tiket adalah penumpang wajib melakukan rapid test. Kecuali untuk kapal perintis yang memang wilayahnya tidak memiliki alat rapid dan wilayahnya merupakan zona hijau.

“Persiapannya kami Oktober semua kapal akan dioperasikan. Tapi, ada yang masih docking alias perawatan perbaikan November desember sudah selesai jadi full beroperasi," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini