Permintaan Melonjak, Sun Energy Pacu Instalasi Panel Surya

Permintaan Melonjak, Sun Energy Pacu Instalasi Panel Surya Foto: SUN Energy

Bisnis energi baru terbarukan (EBT) terus menggeliat seiring perkembangan teknologi dan tantangan perubahan iklim. Salah satu pemain anyar yang membidik potensi binsis energi itu adalah PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy).

Perusahaan asal Indonesia itu mencatat tren permintaan pasangan panel surya yang terus meningkat.

Direktur Utama SUN Energy Roy Wijaya mengatakan perusahaan mencatatkan pertumbuhan permintaan instalasi sistem tenaga surya hampir menembus 40% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

Roy menambahkan permintaan ini mencakup instalasi on-grid, off-grid, dan hybrid, di seluruh wilayah di Indonesia. "Kami berhasil melakukan instalasi sistem tenaga surya di lebih dari 15 institusi, di antaranya lembaga pemerintah, segmen industri dan komersial, serta lembaga pendidikan tinggi," ucapnya dalam diskusi di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Baca Juga: Pertamina Lubricants Luncurkan Aplikasi Enduro Home Service

Baca Juga: Produksi Pertamax di Kilang Cilacap Naik, Konsumsi BBM Ramah Lingkungan Semakin Baik

Salah satu perusahaan itu adalah Fonterra Indonesia yang memasang pannel surya berkapasitas 381,84 kWp dengan memanfaatkan lahan seluas 3,350 m2 atau sekitar 85% dari total luasan atap.

Plant Manager Fonterra Indonesia Mohammad Aslam menegaskan pemasangan PLTS atap ini diestimasikan akan menghasilkan efisiensi energi hingga 478,500 kWh per tahun.

"Kami berhasil menginstalasi PLTS atap berkapasitas di bulan pertama. Kami telah mendapat efisiensi energi dan biaya sebesar 30%. Pemasangan PLTS atap ini diestimasikan akan menghasilkan efisiensi energi hingga 478,500 kWh per tahun. Yang membanggakan, instalasi ini selesai lebih cepat 50% dari waktu yang ditetapkan kami, dilakukan di masa pandemi dengan zero accident, dan semua pihak yang terlibat dinyatakan sehat hingga hari ini," ucapnya.

Sekadar informasi SUN Energy adalah salah satu pengembang proyek sistem tenaga surya di Indonesia, yang telah mengantongi proyek tenaga surya sebesar 50 MWp dalam kurun waktu empat tahun sejak berdiri pada 2016.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini