Anies 3 Tahun, Tengok Nasib Kampung Akuarium yang Digusur Ahok

Anies 3 Tahun, Tengok Nasib Kampung Akuarium yang Digusur Ahok Foto: Ist

Hari ini (Jumat 16/10/2020), Anies Baswedan genap tiga tahun memimpin DKI Jakarta. Walau masih banyak yang harus diperbaiki, namun gaya Anies jika dibandingkan Ahok (Basuki Tjahaja Purnama, gubernur DKI sebelumnya) jauh berbeda.

Anies dicap sebagai gubernur yang lebih mementingkan nasib warga miskin. Sebut saja Kampung Susun Bahari Akuarium, Jakarta Utara digusur Ahok pada April 2016 kini dalam proses pembangunan oleh Anies. Kampung Akuarium bisa menjadi pola pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

MBR juga bisa dijadikan pola perkembangan kota. Sebab, MBR adalah wujud kehadiran pemerintah.

Baca Juga: Janji Politik Anies Emang Manis, Nyatanya Masalah Krusial Jakarta Gak Tuntas-tuntas

Seperti diberitakan, Anies telah menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 878 Tahun 2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat. Keputusan itu merupakan dasar hukum dalam penataan 21 kampung yang tersebar di wilayah Jakarta, termasuk Kampung Akuarium.

Dharma Diani, warga Kampung Akuarium menyebut Pemprov DKI era Ahok dengan saat ini (Anies) berbeda. Saat ini permukiman sedang dalam proses pembangunan.

Dia menilai kebijakan relokasi yang diberlakukan pada masa Ahok sangat menyengsarakan. Kehidupan warga Kampung Akuarium yang sebagian besar berpenghidupan dari kawasan sekitar tercerabut seketika saat huniannya dipindah ke Rusunawa Marunda.

"Kami memahami ada yang harus kita bersama patuhi. Tapi, bagaimana kami bertahan hidup bila direlokasi hingga 30 kilometer bila penghidupan kami di sini," kata Dharma, Jumat (16/10/2020).

Dibangunnya Kampung Akuarium juga menimbulkan pro kontra. Anggota DPRD DKI yang anti Anies menyebut kalau pembangunan buat wong cilik itu melanggar hukum yang ada.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini