Apa Itu Link Building?

Apa Itu Link Building? Foto: Unsplash/Marvin Meyer

Link building adalah aspek penting dari penerapan strategi SEO. Anda dapat membuat konten yang sempurna, tetapi jika mesin pencarian tidak mendapatkan akses link ke sana, kemungkinan besar mesin pencarian akan menghabiskan waktunya dengan sia-sia sehingga akan menunda pengguna untuk mengunjungi situs Anda. 

Agar Google dapat menemukan posting-an Anda, diperlukan link dari situs lain. Semakin banyak link, semakin baik. Namun perlu diingat, kualitas dari sebuah link itu penting. Tidak setiap link bernilai sama. Anda perlu memahami seputar link building untuk keberhasilan penggunaan strategi SEO Anda. Untuk itu, simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Praktik Black Hat SEO

Pengertian dari Link Building

Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai apa itu link building, Anda perlu memahami arti dari kata 'link'. Sederhananya, link, tautan, atau hyperlink, adalah sebuah koneksi antara dua halaman di internet.

Dengan link, Anda dapat mengarahkan pengguna ke halaman, posting-an, gambar, atau objek lain di internet. Dengan adanya link, Anda dapat dengan mudah 'bepergian' dari satu lokasi web ke lokasi lain.

Link juga dapat membantu mesin pencari bekerja dengan baik. Robot mesin pencari akan mengikuti link yang telah dibuat untuk menemukan halaman situs di internet. Ini disebut sebagai crawling. Agar robot mesin pencari dapat menemukan situs web, Anda memerlukan setidaknya satu hyperlink dari situs web yang sudah di-crawling. Saat Anda meluncurkan situs web, pastikan untuk mendapatkan link.

Pengertian dari link building adalah sebuah upaya pemasaran untuk mendapatkan link atau tautan dari situs lain ke situs Anda. Ini dipandang sebagai salah satu cara yang paling ampuh untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di halaman mesin telusur.

Jika banyak link berkualitas tinggi mengarah ke laman tertentu, mesin telusur akan menganggapnya sebagai artikel yang populer atau bernilai, oleh karena itu, peringkatnya akan lebih tinggi.

Ada banyak teknik untuk melakukan link building yang memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi. Banyak pemasar yang setuju bahwa melakukan link building adalah salah satu bagian tersulit dari pekerjaan mereka. Oleh karena itu, jika Anda dapat menguasai seni dalam melakukan link building, hal itu dapat membuat Anda selangkah lebih maju dari pesaing bisnis Anda.

Tujuan dari melakukan kampanye link building adalah untuk meningkatkan trafik pencarian di mesin pencari, meskipun link tersebut diperoleh dari situs populer (seperti surat kabar) yang dapat menjadi sumber rujukan trafik yang sangat baik. Terdapat penelitian yang menemukan bahwa popularitas penggunaan link (jumlah link masuk ke situs atau halaman) memiliki korelasi tinggi dengan peringkat di Google.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini