Sri Mulyani: Diguncang Turbulensi Hebat, Ekonomi RI Gak Nyungsep, Beruntung!

Sri Mulyani: Diguncang Turbulensi Hebat, Ekonomi RI Gak Nyungsep, Beruntung! Foto: Sufri Yuliardi

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan ekonomi Indonesia tidak ikut terjun bebas menghadapi turbulensi global. Menurut dia, RI masih menjadi negara yang beruntung karena walaupun diguncang turbulensi hebat, ekonomi masih aman dan stabil.

"Kita masih beruntung, ekonomi Indonesia masih stabil walaupun beberapa negara ekonominya yang memburuk akibat turbulensi," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (16/10/2020).

Dia melanjutkan terus meningkatkan perdagangan dan aliran modal khususnya investasi asing langsung (FDI) yang lebih penting dibandingkan aliran modal jangka pendek. Adapun, menghadapi pandemi Covid-19, defisit pun diperlebar menjadi 6,3% pada 2021.

Baca Juga: IMF Guyur Utang, Sri Mulyani Tegas: Tak Cuma Demi Bertahan, Tapi Juga Pulih

"Pelebaran defisit ini kemudian memerlukan sumber pembiayaan baru. Kita akan transparan dalam mengelola kebijakan fiskal," bebernya.

Dia menambahkan, pemerintah Indonesia terus berkomunikasi dengan Bank Indonesia (BI) untuk intervensi di pasar perdana SBN ini. Hal itu untuk memulihkan perekonomian Indonesia.

"Kita juga mengambil langkah untuk terus melakukan pemulihan ekonomi Indonesia," jelasnya.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini