Teknologi Menjamur, Menristek dan GIPA Ajak Anak Bangsa Berkarir di bidang AI

Teknologi Menjamur, Menristek dan GIPA Ajak Anak Bangsa Berkarir di bidang AI Foto: GIPA

Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menegaskan, inovasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan mensukseskan visi Indonesia maju dalam mencapai negara berpenghasilan tinggi sebelum tahun 2045 merupakan hal yang sangat krusial.

"Dengan meningkatnya perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) di Indonesia, kehadiran para profesional dan eksekutif yang mahir di bidang teknologi sangat dibutuhkan untuk mewujudkan transformasi digital di berbagai industri di Indonesia," ujarnya saat menghadiri forum Going Global Series: Predicting Your Roles in Artificial Intelligence and Machine Learning, secara virtual belum lama ini.

Menurutnya, forum ini yang sejalan dengan Strategi Nasional AI yang baru dipublikasikan. "Saya berharap kontribusi komunitas profesional mancanegara dalam lima bidang prioritas yakni; kesehatan; reformasi birokrasi; pendidikan dan riset; ketahanan pangan; dan mobilitas dan kota cerdas," ungkap Bambang.

Baca Juga: Teknologi Cloud Jadi Kunci Keberlangsungan Industri dan Manufaktur Pasca Covid-19

Adapun forum Going Global Series yang digelar Global Indonesia Professionals’ Association (GIPA) ini, bertujuan membangun semangat baru dan membantu mahasiswa maupun profesional muda untuk bisa masuk ke bidang Artificial Intelligence dan Machine Learning (AI/ML) yang seringkali dianggap rumit.

Asal tahu saja, penerapan AI/ML di berbagai industri diprediksi akan meningkatkan produktivitas global sebesar $13 Triliun USD, sayangnya menurut McKinsey & Company lebih dari 40% perusahaan menilai kurangnya SDM yang memiliki keahlian di bidang ini menjadi kendala terbesar dalam investasi maupun implementasi AI/ML.

“GIPA mengadakan forum Going Global ini untuk memberikan inspirasi bagi anak bangsa di luar negeri dan di Indonesia untuk berani berkarir secara global terutama di bidang AI/ML sebagai program kami untuk pembangunan SDM Indonesia” kata Steven Marcelino, Chairman dari GIPA.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini