Apa Itu NFC?

Apa Itu NFC? Foto: Reuters/Stephen Lam

Apa itu NFC pada HP? Bagaimana cara kerja dan fungsi NFC? Untuk mempelajari lebih jauh soal komponen yang ada pada ponsel pintar itu, Warta Ekonomi telah merangkum informasi dari berbagai sumber.

Penting! NFC atau near field communication adalah protokol yang menghubungkan dua perangkat elektronik dengan jarak yang begitu dekat--paling jauh hanya 4 cm.

Fitur tersebut sudah lahir sejak akhir 1900-an-200-an, loh. Ponsel Android pertama yang memiliki teknologi NFC adalah Samsung Nexus S yang rilis pada 2010.

Baca Juga: Soal Kendala Input IMEI, Xiaomi: Tak Akan Pengaruhi Poco X3 NFC dan HP Baru

Baca Juga: Kisah Startup Esport: Induk Usaha EVOS Disuntik Modal Rp177 Miliar, Mau Buat Apa?

Beberapa orang hanya tahu, NFC berguna untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik di HP. Namun, sebenarnya NFC berfungsi lebih dari itu.

Fungsi NFC pada HP

- Menghubungkan dua gawai (gadget)

NFC dapat menghubungkan dua gawai sehingga bisa saling bertukar data. Uniknya, NFC bukan cuma menghubungkan HP dengan HP, melainkan HP dengan printer, kamera, ataupun audio.

Nah, NFC bukan berperan sebagai komponen transfer data; itu hanya menghubungkan kedua perangkat, sedangkan pemindahan data berjalan berkat adanya bluetooth atau jaringan Wi-Fi.

- Cek saldo

Anda bisa mengecek dan mengisi saldo uang elektronik dengan fitur NFC pada ponsel. Jadi, Anda tak perlu lagi repot mengisi saldo di ATM ataupun minimarket.

- Perantara pembayaran

Tahu tidak? Anda bisa menyimpan informasi sistem pembayaran, seperti kartu kredit layaknya PayPal ataupun dompet digital. Kemudian, Anda hanya tinggal mendekatkan ponsel ke terminal pembayaran. Dengan begitu, Anda tak perlu menggunakan kartu fisik.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini