8 Tips Rawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

8 Tips Rawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak Foto: Unsplash/Marvin Meyer

Merawat laptop jadi salah satu hal penting untuk menjaga performa gawai tersebut, apalagi ketika Anda bekerja dari rumah di mana jam kerjanya tidak teratur.

Perawatan laptop yang baik dapat mencegah terjadinya kerusakan. Untuk itu, ada sejumlah hal yang mesti Anda perhatikan dalam merawat laptop. Apa sajakah itu?

Melansir laman Dell Technologies, Jumat (16/10/2020), berikut ini tips dan cara merawat laptop agar performanya tetap terjaga dan mencegah kerusakan.

Baca Juga: Tegas, Negara Ini Tolak Arahan Amerika untuk Blokir Huawei

Baca Juga: Amerika Serikat Tambah Tekanan ke Huawei, Kali Ini Incar Bisnis Cloud di Eropa

1. Hindari penggunaan di atas kasur

Mengapa? Penggunaan laptop berulang-kali di atas kasur akan membuat kipasnya menyedot kotoran dan debu di tempat tidur. Pada akhirnya, hal itu dapat melahirkan masalah pada bagian internal laptop Anda.

2. Gunakan di permukaan yang rata

Hal ini akan sulit Anda lakukan ketika berada di luar ruangan. Namun, usahakan untuk selalu menerapkannya. Sebab, penggunaan laptop di permukaan yang rata bisa mencegah kerusakan.

3. Pakai dan simpan laptop di area bersirkulasi baik

Gunakanlah laptop di tempat dengan sirkulasi udara yang konstan, hindari area tertutup karena itu bisa membuat laptop terlalu panas.

Pastikan juga untuk menyimpan laptop di tempat yang sirkulasi udaranya baik, serta jaga agar ventilasi pada laptop bersih dan tidak tertutup apapun.

4. Hindari menaruh benda berat di atas laptop

Benda berat, seperti buku, tak seharusnya ada di atas laptop ataupunĀ keyboard-nya. Sebab, hal itu dapat merusak laptop Anda. Lebih lanjut, benda berat itu juga akan menekan CD-ROM di laptop sehingga berujung rusak.

5. Bersihkan area sekitar kipas

Jika area sekitar kipas tersumbat, maka aliran udaranya berkurang sehingga menciptakan panas yang berlebih. Pertimbangkan juga arah aliran udara kipas pada laptop Anda.

Lalu, sebaiknya bersihkan laptop sekali dalam setahun guna menghilangkan debu internal yang dapat menyebabkan panas berlebih, yang berisiko merusakĀ motherboard.

6. Gunakan tas laptop

Demi menghindari guncangan atau benturan, sebaiknya gunakan tas khusus untuk laptop. Dengan begitu, risiko kerusakan pun akan berkurang.

7. Jauhkan makanan dan minuman dari laptop

Hindari meletakkan makanan dan minuman di dekat laptop. Sebab, cairan bisa merusak komponen internal yang bisa menyebabkan cidera listrik pada laptop--dan kerusakan itu bersifat permanen.

8. Jangan tinggalkan laptop di dalam mobil

Bagian dalam mobil mengalami perubahan suhu yang besar sehingga berisiko merusak laptop. Belum lagi, meninggalkan laptop di mobil juga akan meningkatkan risiko pencurian.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini