Dorong Pertumbuhan Ekspor, Bea Cukai Maumere Edukasi Pelaku UMKM Sikka

Dorong Pertumbuhan Ekspor, Bea Cukai Maumere Edukasi Pelaku UMKM Sikka Foto: Bea Cukai

Dalam rangka menumbuhkan kegiatan ekspor dan mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Bea Cukai Maumere melakukan berbagai program untuk mendorong ekspor di wilayah pulau Flores.

Salah satunya, melakukan kerja sama dengan asosiasi atau pengusaha UMKM melalui kegiatan sosialisasi, workshop maupun pendampingan (asistensi).

Bea Cukai Maumere bekerja sama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) DPC Sikka dan Asosiasi Pelaku UMKM dan Ekraft Sikka (AKUSIKKA), Rabu (14/10/2020), mengadakan acara workhop ekspor-impor bagi pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Sikka. 

Baca Juga: Klinik Ekspor Bea Cukai Tingkatkan Kesejahteraan Petani Cokelat

Dalam kegiatan ini para pelaku usaha diajak untuk mengenal definisi, alasan, manfaat, siapa, dan syarat dari kegiatan ekspor-impor. Dalam kesempatan tersebut dijelaskan mengenai cara memulai ekspor serta fasilitas-fasilitas apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan ekspor, salah satunya yaitu fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).

Kepala Kantor Bea Cukai Maumere, Tommy Hutomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bea Cukai selain bertugas melakukan pemungutan bea masuk dan pajak, juga secara aktif melakukan kegiatan edukasi dan asistensi guna mendorong pertumbuhan dan peningkatan kegiatan ekspor. 

"Kami berharap melalui kegiatan workshop ini dan program asistensi serta kerja sama yang baik dengan asosiasi atau pelaku UMKM dapat mendorong dan memunculkan eksportir-eksportir baru," ujar Tommy.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini