Gara-gara Trump, Perusahaan Miliarder Jack Ma Bisa Gagal IPO Terbesar se-Dunia

Gara-gara Trump, Perusahaan Miliarder Jack Ma Bisa Gagal IPO Terbesar se-Dunia Foto: Fortune

Ant Group kini sedang mencari dana segar sebesar US$250 miliar atau setara Rp3.688 triliun (mengacu kurs Rp14.700 per USD). Oleh karena itu, perusahaan milik miliarder Jack Ma ini merencanakan Initial Public Offering (IPO) ganda di Hong Kong dan juga Shanghai yang diprediksi bisa mengumpulkan setidaknya US$35 miliar atau setara Rp515 triliun.

Mengutip dari Bloomberg, Kamis (15/10/2020), debut pasar yang telah lama ditunggu ini akan memecahkan rekor sebelumnya. Di mana rekor sebelumnya dipegang oleh Saudi Aramco dengan US$29 miliar atau setara Rp427 triliun.

Tak hanya itu, perusahaan juga menjanjikan rezeki nomplok bagi staf, pendukung awal, dan bankir yang terlibat. Namun, di tengah kabar bahagia tersebut, ada sedikit ancaman yang datang.

Baca Juga: Besok IPO, Agensi Boyband BTS Pasang Harga Rp1,7 Juta per Saham

Pemerintah Amerika Serikat yang saat ini masih dipimpin oleh Trump tengah membayangi daftar mega-IPO tersebut yang kemungkinan akan terjadi pada Oktober. Amerika Serikat menjajaki risiko terhadap Ant, serta saingannya Tencent Holdings Ltd.

Sebab, pemerintah Amerika Serikat menganggap jika platform pembayaran digital mereka mengancam keamanan nasional AS. Kemarahan apa pun terhadap raksasa teknologi itu berisiko terjadinya penundaan IPO.

Perdebatan tentang bagaimana dan apakah akan membatasi Ant telah meningkat di kalangan pejabat senior AS dalam beberapa pekan terakhir. Meskipun keputusan akhir belum ada karena mereka yang melihat masalah tersebut.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini