Mengenal Lebih Dalam Praktik Black Hat SEO

Mengenal Lebih Dalam Praktik Black Hat SEO Foto: Unsplash/Campaign Creators

Dalam dunia SEO, mesin pencarian memiliki pedoman dan persyaratan yang wajib untuk diikuti. Aturan yang telah ditetapkan bertujuan untuk menyediakan sistem yang berguna, relevan, dan aman, serta memastikan pengalaman pengguna yang berkualitas.

Untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian, Anda perlu mengikuti tren serta melakukan pendekatan yang sesuai agar relevan dengan pembaruan algoritma yang baru.

Di sisi lain, terdapat seseorang yang mencoba mengakali mesin pencari dengan mendatangkan trafik organik ke situs mereka tanpa mengikuti aturan yang berlaku. Cara itu biasa dikenal dengan istilah black hat SEO.

Baca Juga: Apa Itu White Hat SEO?

Pengertian Black Hat SEO

Black hat SEO adalah praktik optimalisasi yang bertentangan dengan pedoman mesin telusur. Praktik curang ini sering digunakan untuk mendapatkan peringkat situs yang lebih tinggi dalam hasil penelusuran.

Taktik yang tidak etis ini seringkali tidak akan berjalan dengan baik dan akan berakhir dengan penalti yang diberikan pihak mesin telusur. Teknik black hat SEO terdiri dari stuffing, cloaking, dan penggunaan private link networks.

Mendapat peringkat teratas di hasil penelusuran menjadi hal yang krusial bagi pertumbuhan bisnis. Akan tetapi, ada prosedur yang tepat dalam melakukan pengoptimalan mesin telusur. Penggunaan teknik black hat SEO adalah cara yang salah karena teknik ini berupaya untuk mempermainkan algoritma mesin pencari.

Alih-alih menggunakan cara yang legal untuk mendapatkan peringkat tertatas di halaman hasil mesin pencari, black hat SEO menggunakan taktik yang beroperasi secara senyap dan tersembunyi. Penggunaan teknik black hat SEO secara berkelanjutan akan berdampak pada eksistensi situs Anda di halaman pencarian.

Jika Anda baru terjun ke dunia digital, tujuan mesin pencari seperti Google adalah memberikan hasil terbaik ketika seseorang melakukan pencarian terhadap suatu hal. Mereka ingin orang-orang mendapatkan hasil penelusuran terbaik serta memastikan hasil yang mereka berikan bukanlah spam.

Oleh karena itu, mereka melakukan ini secara otomatis melalui algoritma yang bertujuan untuk mengenali dan memberikan penalti kepada mereka yang diketahui menggunakan teknik black hat SEO.

Dengan kemajuan teknologi yang ada, algoritma mesin pencari menjadi lebih canggih dalam melakukan tugasnya. Itu sebabnya Anda harus menghindari penggunaan black hat SEO sebagai teknik optimalisasi mesin pencarian.

Sebaliknya, gunakan teknik white hat SEO sebagai metode yang jauh lebih baik dalam melakukan optimasi mesin pencari. Ini adalah pendekatan yang lebih etis yang mematuhi persyaratan serta pedoman yang telah ditetapkan oleh mesin telusur. White hat SEO terdiri dari pembuatan konten yang berkualitas serta merancang pengalaman pengguna (user experience/UX) yang lebih baik bagi pengunjung situs Anda.

9 Teknik Black Hat SEO

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini