Prabowo Teriak Asing, Investor Bakal Lari Pontang-Panting

Prabowo Teriak Asing, Investor Bakal Lari Pontang-Panting Foto: Antara/Irfan Maulana

Mantan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono menyebut bahwa ucapan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mengatakan asing membiayai aksi demo penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja kontraproduktif.

"Ucapan yang kontra produktif dan membuat para investor asing akan membatalkan rencana mereka melakukan investasi di Indonesia," kata Arief Poyuono, Rabu (14/10/2020).

Arief Poyuono yang juga Ketum Lembaga Pemantau Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini mengatakan, para investor asing merasa takut ucapan Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra akan mempersulit mereka masuk berinvestasi di Indonesia karena menciptakan sentimen antiasing.

Baca Juga: Utang RI Obesitas, Ekonom Wanti-wanti Sektor Keuangan Bisa Porak Parik

"Padahal akibat dampak Covid tidak mudah meyakinkan investor asing akan masuk ke Indonesia, sudah setengah mati Presiden Joko Widodo meyakinkan para investor asing untuk mau masuk dan berinvestasi di Indonesia," tuturnya.

Dikatakan Arief, sangat tidak masuk akal kalau asing ikut membiayai aksi rusuh penolakan UU Ciptaker, sedangkan Omnibus Law UU Ciptaker dibuat karena adanya masukan dari investor asing yang selama ini merasa iklim investasi di Indonesia, peraturan dan UU-nya tumpang tindih dan memerlukan birokrasi panjang untuk mereka menanamkan modalnya di Indonesia.

"Seperti perizinan yang tumpang tindih dan panjang yang menyuburkan pungutan-pungutan liar, tapi punya kekuatan hukum," katanya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini