Bukan Raja Salman, Ini Raja Terkaya di Dunia! Sayangnya, Banyak Skandal!

Bukan Raja Salman, Ini Raja Terkaya di Dunia! Sayangnya, Banyak Skandal! Foto: REUTERS/Jorge Silva

Raja terkaya bukan datang dari Timur Tengah, bukan Raja Salman dari Arab Saudi, bukan pula Sultan Brunei Darussalam. Raja terkaya dunia saat ini ternyata datang dari Thailand, Maha Vajiralongkorn. Raja Thailand itu tercatat memiliki akses ke salah satu kerajaan terbesar di dunia yang merupakaan sebuah perusahaan induk rahasia.

Dilansir dari Los Angeles Times di Jakarta, Kamis (15/10/2020) perusahaan tersebut sarat dengan saham di perusahaan blue-chip Thailand dan tanah utama di jantung kota Bangkok. Disebutkan bahwa total kekayaan sang raja mencapai USD30 miliar atau Rp439 triliun. Sumber lain bahkan menyebut kekayaannya mencapai USD43 miliar.

Baca Juga: Kisah Bambang Trihatmodjo, Putra Kedua Soeharto yang Pernah Masuk Daftar Orang Terkaya RI

Raja Vajiralongkorn naik takhta setelah kematian ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadec pada 2016 lalu. Usai penobatan, semua kepemilikan dialihkan di perusahaan besar yang dikenal sebagai Biro Properti Mahkota (CPB) senilai USD70 miliar (Rp1.024,7 triliun) ke kepemilikan pribadinya. (kurs Rp 14.639/dolar)

Pemindahan kepemilikan itu sata ini menjadi polemik dan fokus gerakan pro-demokrasi yang menuntut adanya transparansi keuangan monarki dan batasan kekuasaan.

Pada bulan Agustus lalu, mahasiswa di Universitas Thammasat menuntut Raja mengembalikan aset ke kendali Biro Properti Mahkota. Para mahasiswa itu meminta Raja menempatkan aset tersebut di bawah pengawasan pemerintah.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini