Kisah Orang Terkaya: Rupert Murdoch, Penguasa Media Dunia Pemilik Fox News

Kisah Orang Terkaya: Rupert Murdoch, Penguasa Media Dunia Pemilik Fox News Foto: REUTERS/Mike Segar

Salah satu orang terkaya dunia, Rupert Murdoch adalah penguasa media yang tak hanya tersebar di Amerika, tetapi juga Australia dan Inggris. Jaringan media yang dimiliki Murdoch berawal dari ayahnya yang merupakan penerbit surat kabar terkenal.

Alhasil, Murdoch pun mewarisi surat kabar ayahnya yaitu Sunday Mail dan News. Pemilik nama Keith Rupert Murodch ini lahir pada 11 Maret 1931 di sebuah pertanian kecil sekitar 30 mil di selatan Melbourne, Australia.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Petr Kellner, Orang Terkaya No. 1 di Republik Ceko

Sejak lahir, Murdoch menggunakan nama tengahnya, Rupert, nama kakek dari pihak ibu. Ayahnya, Keith Murdoch, adalah seorang jurnalis Australia terkenal yang memiliki sejumlah surat kabar lokal dan regional seperti The Herald di Melbourne, Courier-Mail di Brisbane dan News and Sunday Mail.

Karena itulah Muroch menjadi putra seorang jurnalis yang dihormati. Ia bahkan sudah dipersiapkan untuk masuk ke jagat media sejak usia muda.

Murdoch lulus dari Geelong Grammar, sekolah asrama Australia yang bergengsi, pada tahun 1949. Setelah lulus, ia pun melanjutkan kuliah di Worcester College, Universitas Oxford di Inggris. Menurut salah satu penulis biografinya, Murdoch adalah seorang mahasiswa normal berdarah merah yang memiliki banyak teman, mengejar gadis, selayaknya pemuda pada umumnya.

Namun, masa muda Murdoch yang suka bersenang-senang tiba-tiba berakhir saat ayahnya tiba-tiba meninggal pada tahun 1952, meninggalkan putranya sebagai pemilik surat kabar Adelaide, News and the Sunday Mail.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini