Keren! Asia Pasifik Jadi Penghasil Miliarder Terbanyak di Tengah Pandemi Corona

Keren! Asia Pasifik Jadi Penghasil Miliarder Terbanyak di Tengah Pandemi Corona Foto: Republika

Saat ini di seluruh dunia ada 2.189 miliarder di seluruh dunia dengan kekayaan gabungan mencapai USD10,2 triliun. Hal ini dipicu karena reli pasar saham akibat dari pandemi yang melambungkan kekayaan bersih orang-orang kaya dunia ke rekor tertinggi.

Bank Swiss UBS melaporkan pada Juli 2020, Asia-Pasifik menjadi menjadi miliarder terbanyak dengan kekayaan yang meningkat, sebanyak 831 (38%) dari orang super kaya ini tinggal di wilayah tersebut, di mana kekayaan miliarder di wilayah Asia-Pasifik sekarang mencapai USD3,3 triliun (Rp48.691 triliun).

Baca Juga: Sekarang Jadi Orang Terpandang, 4 Miliarder Ini Dulunya Seorang Buruh

Kemudian diikuti Amerika sebanyak 762 miliarder (35%) dan 596 (27%) tersebar di Eropa, Timur Tengah dan Afrika (EMEA). Temuan tersebut berdasarkan hasil wawancara dan data terhadap 2.000 miliarder di 43 pasar saham. 

"Terlihat Asia-Pasifik mempertahankan posisi globalnya sebagai ‘mesin pertumbuhan kekayaan," ujar Anurag Mahesh dari UBS Global Wealth Management, sebagaimana dikutip dari CNBC di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

China menjadi pemenang atas kawasan pencipta kekayaan tertinggi dengan mencapai 415 miliar, diikuti oleh India (114), Hong Kong (65) Taiwan (40) dan Australia (39). Sementara AS menjadi rumah bagi 636 miliarder.

Sebagian besar pertumbuhan kekayaan miliarder tahun ini berkorelasi dengan pemulihan pasar. Hal ini karena aset para miliarder itu biasanya terikat di perusahaan publik tempat mereka menjalankan atau berinvestasi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini