Apa Itu Pendapatan Non-Operasional?

Apa Itu Pendapatan Non-Operasional? Foto: Unsplash/Stefan

Pendapatan non-operasional adalah keuntungan atau kerugian dari sumber yang tidak terkait dengan aktivitas khas bisnis atau organisasi. Pendapatan non-operasional dapat mencakup keuntungan atau kerugian dari investasi, penjualan properti atau aset, pertukaran mata uang, dan keuntungan atau kerugian atipikal lainnya. 

Pendapatan non-operasional umumnya tidak berulang dan oleh karena itu biasanya dikecualikan atau dipertimbangkan secara terpisah ketika mengevaluasi kinerja selama periode waktu tertentu.

Baca Juga: Apa Itu Pendapatan Kotor?

Setidaknya, ada 4 jenis pendapatan non operasional perusahaan, sebagai berikut:

1. Pendapatan Bunga (Interest Earned)

Pendapatan bunga atau Interest Earned adalah pendapatan dari bunga yang telah menjadi hak perusahaan atas jasa-jasanya memberikan pinjaman uang kepada pihak lain.

2. Pendapatan Sewa (Rent Earned)

Pendapatan sewa atau Rent Earned adalah pendapatan yang sudah menjadi hak perusahaan, karena jasa dalam menyewakan sesuatu hartanya (aset) kepada pihak lain.

3. Pendapatan Dividen (Cash Dividend Earned)

Pendapatan dividen atau cash dividend earned adalah sejumlah uang atau penghasilan dan sudah menjadi hak perusahaan sebagai bagian laba (keuntungan) karena perusahaan memiliki saham-saham yang dikeluarkan oleh perusahaan lain.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini